BMKG Terbitkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Anambas, Waspada Banjir Rob hingga Gelombang Tinggi

BMKG Terbitkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Anambas, Waspada Banjir Rob hingga Gelombang Tinggi

Ilustrasi cuaca ektrem di laut.

Anambas, Batamnews – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas III Tarempa telah mengeluarkan sebuah himbauan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem di wilayah Kepulauan Anambas. Himbauan ini tertuang dalam surat edaran BMKG dengan Nomor: B/ME.02.04/106/KTRKP/XI/2023.

Menurut BMKG, dinamika atmosfer yang merupakan kombinasi antara Madden-Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby, dan gelombang Kelvin, berpotensi meningkatkan aktivitas konvektif di sekitar wilayah Kepulauan Anambas. 

Kondisi ini mengakibatkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang dalam durasi waktu singkat.

Baca juga: Dampak Banjir di Tarempa, Anambas: Pemukiman dan Kantor Pemerintahan Terendam Genangan Air

Periode kritis yang diwaspadai adalah dari tanggal 29 November hingga 1 Desember 2023, dengan ketinggian gelombang yang diperkirakan dapat mencapai 2.1 meter pada malam hari.

BMKG mendesak masyarakat Kepulauan Anambas untuk waspada terhadap dampak cuaca ekstrem yang dapat menimbulkan berbagai bencana hidrometeorologi seperti banjir pasang laut (rob), banjir, longsor, dan genangan air, khususnya pada periode 29 – 30 November 2023.

Masyarakat diimbau untuk selalu memperbaharui informasi dari BMKG dan instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana dapat dilakukan dengan baik. BMKG juga menyediakan informasi lebih lanjut mengenai cuaca di wilayah Kepulauan Anambas melalui kontak layanan komunikasi yang telah disediakan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews