Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Natuna Berencana Maksimalkan Dua Bendungan Kelarik dan Tapau

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Natuna Berencana Maksimalkan Dua Bendungan Kelarik dan Tapau

Natuna, Batamnews - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Natuna Berencana Memaksimalkan Dua buah bendungan yang ada di Pulau Bunguran Besar yaitu Bendungan Kelarik dan Tapau yang terletak di dua kecamatan berbeda yaitu Kecamatan Bunguran Utara dan Bunguran Tengah. 

Hal tersebut merupakan respon cepat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian guna mengantisipasi fenomena krisis global. Sejalan dengan program teknis ketahanan pangan dan pertanian yang diusulkan oleh Bupati Natuna WAN Siswandi, mengenai Krisis pangan global Elnino. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Ismail Sitam di ruang kerjanya mengatakan jika pihaknya telah berkoordinasi dengan, Bappeda dan BRINT (Badan Unit Pemerintah)  untuk membuka lahan di jalur irigasi bendungan tapau dan jalur irigasi bendungan kelarik. ( 17/11/2023 ) 

Menurutnya, adanya irigasi pengairan disana sudah mempermudah kinerja para petani untuk mengaliri air ke sawah, apabila lahan yang ada disana bisa di manfaatkan.

Lanjut Ismail, kedepannya tidak cukup lahan pertanian saja diadakan, masyarakat petani juga harus diberikan pupuk subsidi dengan  mengupayakan pembayaran pupuk setelah masa panen.

"Kita sedang upayakan bersama Brint (Badan Unit Pemerintah) dan Bappeda agar menyediakan lahan pertanian sawah di sekitaran bendungan Tapau maupun bendungan Kelarik. Selain penyediaan lahan, kita akan usulkan subsidi pupuk ke Pemerintah Pusat dan pembayaran pupuk subsidi setelah masa panen, untuk meringankan beban para petani dalam mengelola lahan tersebut," ucapnya. 

Tidak hanya itu saja, dirinya juga menyampaikan peluang bagi para peternak sapi, agar melengkapi persyaratan yang diajukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Dimana tahun 2024 , kemungkinan ada bantuan dari Pemprov Kepri, berupa ternak sapi bagi para peternak sapi di Kabupaten Natuna yang memenuhi persyaratan.

Ia menuturkan agar masyarakat yang ingin menerima bantuan tersebut,  dengan persyaratan orangnya memang aktiv dalam beternak, menyediakan lahan, kandang yang layak dan belum pernah mendapat bantuan sama sekali.

" Insyaallah tahun 2024 kita dapat bantuan ternak sapi' dari Pemprov Kepri, kalau barangnya sudah ada kita akan bagikan bagi masyarakat yang punya hobi beternak sapi, punya lahan, kandang dan kita utamakan yang belum pernah dapat bantuan, "tutur Ismail.

Terkait musim utara yang selalu menjadi momok bagi masyarakat Natuna akibat cuaca buruk, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Ismail mengatakan, untuk pasokan ketahanan pangan di musim utara di Natuna  situasinya surplus dan aman, tidak ada kendala dan persoalan stok pangan.

" Untuk antisipasi cuaca buruk di musim utara, sudah kita antisipasi, situasinya surplus dan aman, jadi tidak ada kendala, " Pungkasnya. ( Radis)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews