Ratusan Rumah Warga Terdampak Banjir di Wilayah Darussalam Karimun

Ratusan Rumah Warga Terdampak Banjir di Wilayah Darussalam Karimun

Ratusan rumah warga terdampak banjir di Karimun. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Ratusan rumah terdampak banjir yang melanda wilayah Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri).

Banjir yang terjadi merupakan dampak dari hujan yang melanda wilayah Kabupaten Karimun sejak Kamis, 23 November 2023, dinihari yang berlangsung hingga pagi.

Dari data yang didapat, ada sebanyak 141 rumah dengan 486 jiwa terdampak oleh banjir yang melanda. Baik itu berdampak ringan hingga dampak tingginya banjir.

Baca juga: Rutan Karimun Lakukan Skrining TBC, Semua Warga Binaan Terbebas dari Penyakit

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Karimun Dedi Risdianto, mengatakan bahwa dari assesmen saat ini, ada beberapa RW terdampak banjir.

"Hasil assesmen kami, ada sekitar 486 jiwa terdampak. Saat ini, untuk orang tua dan anak-anak sudah di evakuasi ke Pos Perbantuan," kata Dedi ditemui di Pos Perbantuan Tagana di Kelurahan Darussalam, Kamis 23 November 2023.

Disebutkan Dedi, tidak hanya rumah yang terdampak, tapi juga lahan pertanian yang turut terendam banjir. Saat ini, debit air sudah mulai surut dan dalam pemantauan Tagana bersama Dinsos.

"Untuk di bantaran sungai tinggi debit air capai 2 meter, dan daerah lainnya 1 meter. Ada satu rumah yang terdampak parah karena berdekatan dengan sungai, dan sudah kami evakuasi," katanya.

Baca juga: Diguyur Hujan Deras, Wilayah Darussalam Karimun Terendam Banjir

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karimun Muhammad Tang mengatakan, saat ini Dinsos tengah mendata kebutuhan masyarakat, untuk kemudian disalurkan kepada penyintas.

"Kami sedang melihat perkembangannya seperti apa, apa yang kurang itu yang akan kami lengkapi," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, saat ini untuk kebutuhan-kebutuhan masyarakat terdampak sudah sebagian disiapkan.

"Seperti perlengkapan mandi, makanan siap saji kami siapkan. Tinggal menunggu pendataan saja," katanya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews