Penggalangan Dana Palestina Terkumpul Rp11,165 Miliar di Riau 

Penggalangan Dana Palestina Terkumpul Rp11,165 Miliar di Riau 

Ketua BAZNAS Riau H Masriadi Hasan

Pekanbaru, Batamnews - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau bersama dengan Baznas kabupaten/kota dan beberapa lembaga berhasil mengumpulkan donasi untuk Palestina sebesar Rp11.165.636.501. 

Dana yang terkumpul tersebut merupakan donasi yang dilakukan sejak 1 Oktober 2023 lalu. Ketua BAZNAS Riau H Masriadi Hasan mengatakan, pengumpulan donasi tersebut didasari pada keprihatinan atas kondisi masyarakat Palestina saat ini. 

"Palestina sedang menghadapi agresi militer Israel dan telah banyak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan. BAZNAS di Indonesia telah mengeluarkan arahan untuk memobilisasi dukungan di seluruh negeri. Inisiatif ini mendapat tanggapan luar biasa, terutama di Provinsi Riau,”ungkap dia kepada wartawan, Senin, 20 November 2023.

Baca juga: Ribuan Masyarakat Pekanbaru Aksi Damai untuk Palestina, Bersihkan Dapur dari Produk Israel

Masriadi Hasan menambahkan, berbagai cabang BAZNAS di Riau, bersama dengan organisasi amil lainnya, telah aktif terlibat dalam upaya penggalangan dana melalui berbagai saluran.

Metode yang digunakan seperti mobilisasi relawan, kampanye media sosial, upaya langsung, dan lainnya, upaya bersama ini telah mencapai puncaknya dalam kampanye donasi besar-besaran. 

“Puncak dari kampanye ini berlangsung pada 10 November 2023, di Masjid Raya Annur, provinsi Riau. Acara tersebut melibatkan partisipasi luas dari semua lapisan masyarakat Riau, termasuk badan pemerintah, lembaga-lembaga, forum zakat, masjid, sekolah, pondok pesantren, kantor-kantor, dan individu,” jelas dia. 

Kampanye penggalangan dana ini mencakup berbagai bentuk sumbangan, termasuk transfer elektronik, sumbangan tunai, emas, barang-barang, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. 

Baca juga: KNRP Gelar Aksi Solidaritas 'Free Palestina' di Karimun, Kumpulkan Donasi hingga Rp 130 Juta

Sejak dimulainya penggalangan dana pada 1 Oktober 2023, hingga 17 November 2023 telah terkumpul Rp11 miliar lebih. Untuk diketahui dapat dirincikan sebagai berikut, BAZNAS Provinsi Riau Rp5.641.598.280, BAZNAS Kabupaten yang disetor ke pusat yakni Baznas Siak Rp1.350.000.000. 

Kemudian, Dana LAZ yang masuk ke FOZ Rp2.286.120.956 (Disalurkan langsung), BAZNAS Kabupaten melaporkan pengumpulan ke BAZNAS Provinsi Rp1.887.917.265. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews