BPKP Kepri Gelar Entry Meeting Verifikasi Hibah Air Minum Perdesaan di Lingga

BPKP Kepri Gelar Entry Meeting Verifikasi Hibah Air Minum Perdesaan di Lingga

Entry Meeting BPKP Perwakilan Kepri yang difasilitasi Inspektorat Kabupaten Lingga di Ruang Rapat Barenlitbang Lingga. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews -  Sebuah langkah maju telah dicapai oleh Kabupaten Lingga dalam perjuangan memperoleh hibah air minum pedesaan tahun 2023. Tim BPKP Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), pada Kamis, 16 November 2023, telah mengadakan pertemuan penting atau entry meeting di Ruang Rapat BARENLITBANG Kabupaten Lingga.

Pertemuan yang diinisiasi oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Lingga ini menandakan fase akhir dari proses verifikasi usulan hibah air minum pedesaan. Program yang diatur melalui Surat Edaran Dirjen Cipta Karya ini, mengajukan hibah untuk 730 sambungan rumah (SR) yang terletak di wilayah Singkep Barat, Selayar, Lingga, Lingga Utara, dan Lingga Timur.

Baca juga: Kabupaten Lingga Rayakan Dua Dekade Pembangunan dengan Harapan Baru

Program Hibah Air Minum Perdesaan ini bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2023 dengan proses pengajuan usulan yang dilakukan oleh Tim Pelaksana Teknis (Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) kemudian akan diverifikasi oleh Tim Project Implementation Unit/PIU (BARENLITBANG) dan akan diverifikasi kembali oleh Inspektorat Kabupaten Lingga sebagai APIP di Daerah. 

Dari hasil proses verifikasi berjenjang tersebut, dari 730 SR usulan awal maka yang memenuhi kriteria teknis untuk diajukan menjadi usulan final hanya 642 SR yang selanjutnya akan diverifikasi dan dilakukan peninjauan atau survey oleh Tim BPKP ke lokasi dengan mekanisme sampling.

Program ini merupakan program pemerintah pusat yang amanatnya dimana Pemerintah Daerah diwajibkan untuk melakukan peningkatan akses air minum bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan cara mengalokasikan Anggaran Pemerintah dan Belanja Daerah (APBD) untuk melakukan pembangunan sambungan rumah (SR) yang selanjutnya akan diberi dana hibah dari Anggaran Pemerintah dan Belanja Negara (APBN) berdasarkan jumlah SR yang terverifikasi bermanfaat untuk masyarakat.

Baca juga: Lingga Raih Rekor MURI Pemakaian Tudung Manto Terbanyak di Pawai Budaya HUT Ke-20

Pada acara entry meeting tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Inspektur Daerah Kabupaten Lingga M. Ja'is, SH, MM yang di dampingi oleh Inspektur Pembantu Wilayah II beserta auditor, Ketua PIU, Tezar, ST beserta anggota dan Tim Pelaksana Teknis dari Dinas PUTR Kabupaten Lingga serta Tim BPKP Perwakilan Provinsi Kepri, Albert Andika Prasetia dan M. Thoriq Mujiddilhaq.

Dengan adanya program ini pada tahun 2023 dapat menjadi bahan evaluasi bagi Pemkab Lingga untuk proses pengajuan usulan pada tahun 2024, baik itu untuk Air Minum Perdesaan maupun Air Minum Perkotaan yang saat ini telah diajukan usulan sebanyak ±1300 SR.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews