Warna-warni Tudung Manto Hiasi Pawai Budaya Hari Jadi Ke-20 Lingga

Warna-warni Tudung Manto Hiasi Pawai Budaya Hari Jadi Ke-20 Lingga

Warna-warni tudung manto tampak dikenakan peserta pawai budaya Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Lingga. (Foto: Ruzi/Batamnews)

Lingga, Batamnews - Semarak perayaan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, semakin meriah dengan diadakannya Pawai Budaya yang meriah pada Minggu, 19 November 2023. 

Pawai yang mengedepankan kekayaan budaya lokal ini berhasil mencatatkan namanya dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) berkat partisipasi massal para wanita yang mengenakan tudung manto dan kain dagang.

Sebuah pemandangan yang mengesankan terlihat ketika sekitar seribu wanita dari berbagai usia berbaris memenuhi jalanan, menampilkan keanggunan budaya Melayu. 

Baca juga: Lingga Raih Rekor MURI Pemakaian Tudung Manto Terbanyak di Pawai Budaya HUT Ke-20

Kehadiran mereka dalam pawai tidak hanya memperkaya nilai tradisional tetapi juga memperkuat identitas kultural Kabupaten Lingga sebagai Negeri Bunda Tanah Melayu.

Prestasi ini semakin membanggakan dengan penyerahan piagam rekor MURI yang diterima langsung oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar. Keberhasilan ini tidak terlepas dari semangat komunitas lokal yang ingin merayakan dan melestarikan warisan budaya mereka.

Pawai budaya ini juga dihiasi dengan replika unik dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang turut serta, menambah warna dalam perayaan tersebut. 

Baca juga: Abuya DR. Zulkifli Muhammad Ali Bakal Isi Tabligh Akbar Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Lingga

Kegiatan ini tidak hanya menjadi atraksi bagi penduduk lokal tetapi juga menarik perhatian pengunjung yang berkesempatan hadir, yang terlihat sibuk mengabadikan momen tersebut dengan ponsel mereka.

Dalam rangkaian perayaan hari jadi Kabupaten Lingga, malam ini akan semakin meriah dengan adanya tabligh akbar yang akan diselenggarakan di halaman kantor bupati. Acara ini akan dimeriahkan oleh Abuya Dr. (HC) Zulkifli Muhammad Ali, LC, M.Pd sebagai penceramah, memberikan dimensi spiritual yang mendalam dalam perayaan ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews