Lingga Raih Rekor MURI Pemakaian Tudung Manto Terbanyak di Pawai Budaya HUT Ke-20

Lingga Raih Rekor MURI Pemakaian Tudung Manto Terbanyak di Pawai Budaya HUT Ke-20

Penyerahan piagam rekor MURI dari Museum Rekor Dunia Indonesia kepada Bupati Lingga Muhammad Nizar atas capaian penggunaan tudung manto dan kain dagang terbanyak di pawai budaya HUT Ke-20 Lingga. (Foto: Faizal/Prokopim Lingga)

Lingga, Batamnews - Kabupaten Lingga berhasil memecahkan rekor MURI pemakaian Tudung Manto terbanyak dalam Pawai Budaya dan Pawai Tudung Manto semarak Hari Jadi ke-20 Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu, 19 November 2023.

Bupati Lingga Muhammad Nizar dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Kabupaten Lingga terbanyak di Kepri yang dimulai tahun 2016 hingga tahun 2023, sebanyak 70 WBTB.

“Dari jumlah itu, hari ini akan mendapatkan rekor MURI kurang lebih 1.000 lebih pemakaian tudung manto,” ucap Nizar.

Baca juga: Abuya DR. Zulkifli Muhammad Ali Bakal Isi Tabligh Akbar Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Lingga

Nizar pun berharap kepada perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) RI yang hadir untuk dapat membantu mempromosikan tudung manto tersebut lebih luas.

“Mudah-mudahan, kami berharap dari Kementerian Pariwisata untuk dapat mempromosikan tudung manto di seluruh Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Lutfi Syah Pradana dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), mengapresiasi Bupati Lingga dan masyarakat Negeri Bunda Tanah Melayu yang telah mengundang pihaknya untuk menyaksikan langsung pawai budaya tersebut.

Baca juga: Tamadun Melayu Semarak Hari Jadi Ke-20 Lingga Resmi Digelar, Tampilkan Beragam Pertunjukan Budaya

"Hari ini kami akan memberikan piagam penghargaan yang tidak hanya rekor Indonesia tetapi rekor dunia Indonesia atas rekor pawai mengenakan kain tudung manto dan kain dagang dengan peserta terbanyak kepada Pemkab Lingga," ucap Lutfi.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Bupati Lingga, Muhammad Nizar di halaman Kantor Bupati Lingga. Pencapaian ini merupakan pencapaian luar biasa yang diraih Pemkab Lingga dalam bidang kebudayaan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews