BMKG: Hujan Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Riau

BMKG: Hujan Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Riau

Hujan di Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu. (Foto: dok.riaupos)

Pekanbaru, Batamnews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga Riau terhadap potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Sabtu, 11 November 2023. Fenomena alam ini sudah mulai terasa sejak pagi dan diperkirakan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan masih akan berlangsung hingga dini hari. Lalu, hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru. 

Sore hari, hujan ringan hingga sedang diperkirakan akan turun di Kampar, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu. Berlanjut ke malam hari, sebagian besar wilayah Riau akan mengalami kondisi serupa.

Baca juga: Jadwal Lengkap Ferry Batam ke Singapura dan Malaysia Akhir Pekan

Peringatan dini telah dikeluarkan oleh BMKG untuk waspada terhadap hujan sedang hingga lebat yang bisa membawa petir dan angin kencang, terutama di wilayah Kampar, Pelalawan, Bengkalis, Rokan Hilir, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir pada pagi, malam, dan dini hari.

Suhu udara di Riau hari ini berkisar antara 22.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara mencapai 55 – 99%. Arah angin diperkirakan bertiup dari Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam. Untuk wilayah perairan Provinsi Riau, tinggi gelombang diperkirakan rendah, antara 0.50 – 1.25 meter.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap potensi cuaca ekstrem ini, serta mengikuti update terkini dari BMKG.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews