Pedagang Kuliner Ketiban Berkah di Pentas Seni dan Budaya Rempang Galang

Pedagang Kuliner Ketiban Berkah di Pentas Seni dan Budaya Rempang Galang

Pedagang kuliner ketiban untung di Pesta Seni dan Budaya Rempang Galang. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Pesta Seni dan Budaya Melayu di Pulau Rempang, tepatnya di Kampung Sembulang, telah membawa kebahagiaan dan keuntungan bagi pedagang lokal yang menjajakan kuliner khas Melayu.

Acara yang digelar pada Kamis, 9 November 2023 ini tidak hanya mempersembahkan kesenian Melayu, tetapi juga menjadi panggung bagi para pedagang makanan untuk memperkenalkan dan menjual kuliner khas daerah.

Pentas seni dan budaya ini tidak hanya memikat penonton dengan tarian dan musik Melayu, tetapi juga menghadirkan aroma menggoda dari berbagai hidangan khas Melayu.

Baca juga: Ribuan Pesepeda Tanah Air dan Mancanegara Meriahkan Event Jamselinas XII Batam

Di antara kuliner yang ditawarkan, seperti roti buaya khas Melayu, lemper Melayu, kue jongkong, dan berbagai sajian lezat lainnya, berhasil mencuri perhatian pengunjung.

Zulaiha, seorang pedagang asal Kampung Pasir Panjang, menyampaikan rasa terbantunya dengan adanya acara ini, terutama karena kegiatan semacam ini jarang diadakan di Pulau Rempang.

"Alhamdulillah betul lah bang, karena memang jarang ya acara disini, ini jualan saya pun habis bang," ungkapnya.

Antusiasme tidak hanya datang dari pedagang lokal, tetapi juga dari pedagang yang rela datang dari Tanjung Riau demi mendukung kesuksesan acara ini.

Baca juga: Tandatangani NPHD, KPU dan Bawaslu Batam Terima Nyaris Rp 54 Miliar untuk Pilkada 2024

"Kalau acara Melayu saya akan datang, apalagi banyak masyarakat yang merindukan kue putu piring saya ni bang, sangat ramai yang beli," ucap pedagang lainnya.

Meskipun dihadapkan dengan tekanan relokasi oleh pemerintah untuk proyek investasi di Pulau Rempang, masyarakat tetap menunjukkan antusiasme yang luar biasa.

Sebagian dari mereka memilih bertahan demi mempertahankan nilai seni dan budaya, sementara yang lain ingin mempertahankan kekayaan alam dan tanah mereka.

Pentas seni dan budaya di Kampung Sembulang, Pulau Rempang bukan hanya menjadi acara hiburan, tetapi juga wadah bagi masyarakat untuk mengenalkan dan mempertahankan kearifan lokal, sekaligus membawa keuntungan bagi para pedagang yang berusaha melestarikan kuliner khas Melayu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews