BMKG Pekanbaru Ingatkan Potensi Hujan di Riau Jumat Sore Hingga Dini Hari

BMKG Pekanbaru Ingatkan Potensi Hujan di Riau Jumat Sore Hingga Dini Hari

Ilustrasi.

Pekanbaru, Batamnews - Warga Riau disarankan untuk mempersiapkan payung dan jas hujan karena BMKG Pekanbaru memprediksi akan terjadi hujan dari sore hingga dini hari, Jumat, 10 November 2023. Menurut prakiraan cuaca, pagi dan siang hari ini diperkirakan masih cerah tanpa adanya indikasi hujan.

"Sore nanti baru ada potensi hujan di sejumlah wilayah," kata Forecaster BMKG Pekanbaru, Mia, Jumat pagi.

Ia menyatakan bahwa potensi hujan ringan hingga sedang akan muncul di wilayah Kampar, Bengkalis, Rokan Hulu, dan sejumlah daerah lain pada sore hingga malam hari. Sementara itu, dini hari, hujan masih berpotensi melanjutkan genangan di beberapa daerah seperti Rokan Hulu dan Kampar.

Baca juga: Pemko Pekanbaru Siapkan Strategi Hadapi Lonjakan Harga Cabai yang Makin Pedas

Lebih jauh, Mia memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang bisa disertai dengan petir dan angin kencang di beberapa wilayah, terutama pada sore, malam, dan dini hari. Kondisi ini menuntut kewaspadaan ekstra bagi penduduk setempat serta para pengendara.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Kampar, Bengkalis, Siak, Pelalawan dan Dumai pada sore atau malam dan dini hari," imbaunya.

Suhu udara di Riau akan berfluktuasi antara 22.0 – 33.0 °C dengan tingkat kelembapan mencapai 55 – 99 %. Angin diperkirakan akan berhembus dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: Edy Natar Nasution Luncurkan Imbauan Salat Subuh Berjamaah untuk Kebangkitan Spiritual di Riau

Untuk kondisi kelautan, BMKG menyampaikan bahwa tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau relatif rendah, berkisar antara 0.50 - 1.25 meter.

Di sisi lain, isu lingkungan juga menjadi sorotan dengan adanya laporan total titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera yang mencapai 465 titik. Di Riau sendiri, terdapat satu titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Kuantan Singingi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews