Siap-siap, Polres Karimun Segera Terapkan Tilang ETLE Mobile Handheld

Siap-siap, Polres Karimun Segera Terapkan Tilang ETLE Mobile Handheld

Ilustrasi petugas kepolisian melakukan penindakan tilang ETLE Mobile Handheld. (Foto: ntmcpolri.info)

Karimun, Batamnews - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karimun akan menerapkan tilang berbasis ETLE Mobile Handheld di wilayah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau ?(Kepri), dalam waktu dekat.

Untuk sistem tilang dengan ETLE Mobile Handheld itu, nantinya personil Satlantas Polres Karimun akan dibekali dengan gadget atau smartphone untuk memotret dan mengambil video dokumentasi para pelanggar lalu lintas.

Kemudian, foto dan video selanjutnya akan dikirimkan secara otomatis kepada petugas back office guna memverifikasi data serta mengeluarkan surat pemberitahuan tilang.

Baca juga: Dari Batam hingga Tanjungpinang, Berikut Jadwal dan Lokasi Seleksi PPPK Pemkab Karimun 2023

Untuk pemberitahuan tilang pada pengendara nantinya, itu dengan cara mengirimkan surat tilang ke alamat pelanggar lalu lintas.

"Untuk saat ini kita masih melengkapi sistem dan peralatannya dahulu, nanti akan kita sosialisasi ke masyarakat terkait tilang ETLE ini," kata Kasatlantas Polres Karimun, Iptu Dristica Brian Arya Leviantona.

Disebutkannya, selama proses sosialisasi berlangsung, pihaknya hanya akan mengirimkan bukti pemberitahuan ke pelanggar lalu lintas sebagai informasi bahwa penerapan tilang ETLE Mobile Handheld sudah diterapkan.

Baca juga: Komisi II DPRD Karimun Nilai SPBE Dapat Atasi Kesulitan Gas 3 Kg 

"Jadi nanti selama sosialisasi, kita belum memberikan penilangan melainkan hanya surat pemberitahuan saja agar masyarakat tau bahwa ETLE ini sudah berlaku. Setelah sosialisasi selesai baru kita terapkan," ujar Brian.

ETLE Mobile Handheld bertujuan untuk meningkatkan disiplin dalam berkendara serta mengurangi potensi oknum petugas melakukan pungli saat penindakan.

"Yang pasti harapan kita dengan penerapan program ini dapat meningkatkan kesadaran pengendara dalam menaati aturan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews