Mengenal Layar Terkembang, Desain yang Akan Dipasang di Bundaran Bandara Hang Nadim Batam

Mengenal Layar Terkembang, Desain yang Akan Dipasang di Bundaran Bandara Hang Nadim Batam

Desain rencana layar terkembang di Bundaran Hang Nadim Batam. (Foto: Ist)

Batam, Batamnews - Bundaran Bandara Hang Nadim di Batu Besar, Batam, hampir selesai total. BP Batam memiliki rencana menambahkan sentuhan menarik pada bundaran ini dengan desain unik. 

Desain yang akan dipasang adalah sebuah simbol "Layar Terkembang," yang menggambarkan ciri khas Melayu yang mana desain ini telah memenangkan Sayembara Taman Bundaran Bandar Udara Hang Nadim Batam di tahun 2021 oleh BP Batam, Kamis, 9 November 2023.

Dalam sayembara tersebut, Dosen Arsitektur UMN, Rizki Tridamayanti Siregar, bersama dengan Alumni Arsitektur UMN 2016, Scientia Sacra, berhasil meraih juara pertama dengan desain berjudul "Layar Terkembang." 

Baca juga: Tempat Ngopi dan Kopi Legendaris di "Negeri Seribu Kedai Kopi" Kepulauan Riau

Dari 32 tim peserta, mereka berhasil mengangkat desain yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga merepresentasikan nilai sosiologi masyarakat Batam.

Lokasi taman ini berada di pintu masuk Bandara Hang Nadim, yang menjadi penanda pertama dan terakhir bagi mereka yang mengunjungi kota Batam. Oleh karena itu, BP Batam ingin membangun sesuatu yang benar-benar ikonik dan mencerminkan kota Batam," kata Rizki dilansir dari UMN News Service.

Desain "Layar Terkembang" terinspirasi oleh bentuk kapal layar, yang mencerminkan budaya melaut dari leluhur penduduk Batam. Selain itu, pilar-pilar dalam desain ini mengusung konsep ramah lingkungan.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol Trans JTTS Tahap I Digesa, Jalan Lingkar Pekanbaru Masuk Prioritas 

Rizki juga menjelaskan nilai filosofis yang terkandung dalam desain tersebut, seperti simbolisasi keragaman masyarakat Batam, yang terdiri dari berbagai latar belakang, suku, agama, ras, dan adat yang berbeda, namun tetap bersatu. 

Bentuk pilar yang menjulang ke atas melambangkan semangat masyarakat Batam yang gigih dalam membangun kotanya, sesuai dengan pepatah, "Sekali layar terkembang, pantang surut ke belakang."

Pemenang sayembara ini akan dilibatkan dalam pengembangan perancangan untuk implementasi proyek ini, yang diselenggarakan oleh Pusat Perencanaan Program Strategis Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam. 

Harapannya, "Layar Terkembang" akan menjadi simbol yang mencerminkan kearifan lokal, keberlanjutan, dan inovasi masa depan kota Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews