Cegah Kecelakaan Lalulintas di Jalan Tol, PJR Polda Riau Pasang Micro Sleep 

Cegah Kecelakaan Lalulintas di Jalan Tol, PJR Polda Riau Pasang Micro Sleep 

Pemasangan micro sleep di jalan Tol Pekanbaru. (Foto: Ist)

Pekanbaru, Batamnews - Seringnya terjadi kecelakaan lalulintas di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai telah menjadi perhatian serius PJR Polda Riau. Untuk mengatasi masalah ini, PJR Polda Riau berkolaborasi dengan PT Hutama Karya (HK) untuk mengambil tindakan yang inovatif.

Pada Senin, 6 November 2023, sekitar pukul 20.50 WIB, mereka memasang perangkat yang disebut "micro sleep" di setiap kendaraan yang melintasi jalan tol tersebut. Perangkat ini dipasang di bagian belakang setiap kendaraan dalam bentuk stiker atau scotlight. 

Baca juga: Hasil Liga 2 Indonesia, PSPS Riau Menjamu Persiraja Banda Aceh Berakhir Imbang

Tujuan dari pemasangan ini adalah agar pengendara yang ada di belakang kendaraan dapat melihat keberadaan mobil di depannya melalui pantulan cahaya dari perangkat tersebut.

Kasat PJR AKBP Budi Setiawan menjelaskan tujuan dari pemasangan "micro sleep" ini adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas. 

Dia mengungkapkan bahwa kecelakaan di jalan tol seringkali disebabkan oleh supir yang mengantuk. Dengan pemasangan "micro sleep," diharapkan pantulan cahaya dari perangkat ini dapat memberikan peringatan kepada pengendara yang berada di belakang kendaraan.

Baca juga: QRIS Mulai Pekan Depan Bisa Digunakan di Singapura: Transaksi dengan Scan Barcode

Dalam kegiatan ini, AKBP Setiawan juga memberikan bingkisan kepada pengguna jalan sebagai bentuk apresiasi atas upaya mereka dalam menjaga keamanan lalulintas. 

Upaya kolaboratif antara PJR Polda Riau dan PT Hutama Karya ini diharapkan dapat mengurangi insiden kecelakaan di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dan meningkatkan keselamatan para pengguna jalan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews