Pemko Batam dan PT Pos Indonesia Bagikan Bantuan Beras ke Ribuan Keluarga

Pemko Batam dan PT Pos Indonesia Bagikan Bantuan Beras ke Ribuan Keluarga

Warga Batam antri menerima beras dari Pemko Batam dan Kantor Pos Indonesia.

Batam, Batamnews - Pemerintah Kota (Pemko) Batam berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia Cabang Batam kembali meluncurkan program bantuan pangan dalam bentuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap 2 tahun 2023 untuk periode November. 

Bantuan tersebut disalurkan kepada 35.734 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di Kecamatan Batam Kota pada Senin (6/11/2023).

Salah satu lokasi distribusi bantuan CBP adalah Kantor Pos Batam Centre. Di sana, terlihat antusiasme warga yang memadati halaman belakang kantor untuk menerima beras seberat 10 kg per KPM.

Petugas yang melayani pendataan warga bahkan harus mengingatkan warga agar tetap antri. "Ibu bapak tolong antri ya!" teriak salah seorang petugas.

Dalam pantauan lapangan, warga tampak sangat bersemangat dalam menerima bantuan beras CBP ini. Beberapa di antaranya datang sambil membawa anaknya. 

Baca juga: Praperadilan Tersangka Demo Rempang Ditolak, Perwakilan Keluarga Walk Out dari Ruang Sidang

Wati (32), seorang warga dari Sungai Panas, menjelaskan bahwa ia datang sejak pagi, pukul 07.45 WIB, meskipun pembagian beras CBP baru dimulai pukul 08.00 WIB.

"Harga beras di pasaran saat ini cukup tinggi, jadi saya sangat mengharapkan bantuan ini" ujar wati.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, menyatakan bahwa bantuan CBP ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat Kota Batam. Selain itu, bantuan ini diharapkan juga dapat mengendalikan harga dan inflasi di Kota Batam.

"Pemerintah pusat telah meminta Pemerintah Daerah untuk segera mendistribusikan beras bantuan cadangan Pemerintah ini," tambahnya.

Eksekutif Manager Kantor Pos Batam, Hemat Firdaus, menjelaskan bahwa CBP yang dibagikan pada hari itu merupakan alokasi untuk bulan November.

Baca juga: Pembahasan Ranperda APBD TA 2024 Kota Batam Melibatkan Tujuh OPD dan Kecamatan

"Kami menganggap ini sebagai tugas yang harus dijalankan dengan sepenuh tanggung jawab," kata Firdaus.

Menurut data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, harga eceran tertinggi (HET) beras di Kota Batam ditetapkan sebesar Rp 9.950 per kilogram untuk beras medium dan Rp 13.300 per kilogram untuk beras premium. 

Namun, berdasarkan pantauan di beberapa pasar dan swalayan, harga beras di Kota Batam mengalami kenaikan yang signifikan, dengan beberapa merek beras dijual dengan harga antara Rp 11.000 hingga Rp 14.000 per kilogram.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews