Ada Tetangga RI, Berikut Daftar 14 Negara Tolak Gencatan Senjata Israel-Hamas

Ada Tetangga RI, Berikut Daftar 14 Negara Tolak Gencatan Senjata Israel-Hamas

Penduduk Palestina di jalanan Gaza yang rusak setelah Israel melancarkan serangan udara balasan pada Sabtu (7/10/2023). (Foto: Majdi Fathi/nbcnews.com)

Batam, Batamnews - Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyerukan untuk segera dilaksanakannya gencatan senjata antara Israel dan Hamas. Seruan ini dilakukan dalam pertemuan yang berlangsung di New York pada Jumat, 3 November 2023.

Sejumlah 120 negara anggota, termasuk Brazil, Argentina, Prancis, Rusia, dan Indonesia, telah memberikan suara mendukung inisiatif gencatan senjata tersebut.

Sementara itu, 45 negara memilih untuk abstain, dan 14 negara lainnya menentang proposal tersebut, menurut laporan yang diterima dari Al Jazeera.

Baca juga: Israel Perluas Penyerangan Melalui Jalur Darat, Hamas Lakukan Perlawanan

Pemungutan suara ini juga menghasilkan tuntutan bagi terbukanya akses bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza yang terkepung.

Sebagai bagian dari abstain, Kanada menekankan amandemen yang mengkritik Hamas atas serangan yang mereka sebut "teroris" terhadap Israel yang terjadi pada tanggal 7 Oktober, sekaligus mendesak pembebasan para sandera.

Berikut adalah daftar negara-negara yang menolak usulan gencatan senjata dengan Israel: Austria, Kroasia, Republik Ceko, Fiji, Guatemala, Hongaria, Israel, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Papua Nugini, Paraguay, Tonga, dan Amerika Serikat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews