Bangunan SD Negeri 038 Pekanbaru Hangus Terbakar, Disdik Usulkan Bangunan Baru

Bangunan SD Negeri 038 Pekanbaru Hangus Terbakar, Disdik Usulkan Bangunan Baru

Kebakaran yang melanda salah satu sekolah di Pekanbaru.


Pekanbaru, Batamnews - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru telah mengusulkan pembangunan ulang Sekolah Dasar Negeri (SDN) 38, yang mengalami kebakaran pada Selasa, 17 Oktober 2023. 

Usulan perbaikan ini akan menggunakan anggaran dari Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru tahun 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, menyampaikan usulan ini kepada wartawan pada hari Ahad, 22 Oktober 2023. Ia menjelaskan bahwa usulan tersebut telah disampaikan langsung kepada Penjabat (PJ) Wali Kota Pekanbaru.

"Kami telah mengajukan usulan ini kepada PJ Wali Kota Pekanbaru, yaitu Pak Muflihun. Kami berencana melakukan perbaikan dengan jangka menengah agar dapat menggunakan anggaran BTT," ungkap Abdul Jamal.

Baca juga: Karhutla Terjadi di Areal Konsesi PT Arara Abadi, Ini Respon Polisi 

Berdasarkan data yang diterima oleh batamnews.co.id, kebakaran tersebut mengakibatkan delapan ruang kelas tidak dapat digunakan lagi dan perlu dirobohkan. Namun, dari delapan kelas tersebut, enam di antaranya masih memiliki perabotan yang dalam kondisi baik. 

Untuk ruang kelas di lantai dua yang mengalami kerusakan pada bagian atap, rencananya akan direhabilitasi.

Abdul Jamal menjelaskan bahwa jika usulan ini tidak dapat dimasukkan dalam BTT untuk perbaikan bangunan sekolah, maka akan dimasukkan dalam APBD tahun 2024. Proses perbaikan, khususnya pada bagian atap dan loteng, diperkirakan akan memakan waktu dua bulan.

Baca juga: Heboh Beras Sintetis di Kepulauan Meranti, Begini Hasil Uji Laboratorium

Penting untuk dicatat bahwa saat ini para siswa dari SDN 38 Pekanbaru telah dipindahkan untuk belajar sementara di beberapa sekolah lain, termasuk SDN 29 Pekanbaru, SDN 66 Pekanbaru, dan SDN 67 Pekanbaru. 

Usaha perbaikan ini diharapkan akan segera memungkinkan para siswa untuk kembali ke sekolah mereka.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews