KPU Sudah Menerima Pemberitahuan Pendaftaran Caperes Ganjar Pranowo dan Wakilnya Besok Siang

KPU Sudah Menerima Pemberitahuan Pendaftaran Caperes Ganjar Pranowo dan Wakilnya Besok Siang

Ganjar Pranowo saat mengisi kegiatan Mahasiswa di Malang.

Jakarta, Batamnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dari koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura), dan Partai Perindo. 

Bacapres Ganjar Pranowo dari koalisi tersebut dijadwalkan akan mendaftarkan diri ke KPU besok.

Menurut Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik, dalam pernyataan kepada wartawan pada Rabu (18/10/2023), pendaftaran tersebut telah dijadwalkan pada tanggal 19 Oktober, hari Kamis, jam 11.00 WIB. 

Ini akan menjadi hari pertama pembukaan pendaftaran pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

Baca juga: Teka Teki Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo Akan Diumumkan Besok oleh Megawati

Dengan demikian, terdapat dua pasangan calon yang akan mendaftar ke KPU pada hari pertama pendaftaran, yaitu koalisi Ganjar Pranowo dan koalisi Anies Baswedan serta Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Idham menjelaskan, "Iya, hari Kamis berdasarkan surat yang KPU terima akan ada dua bakal pasangan calon yang akan didaftarkan oleh gabungan partai politik." Ia menambahkan bahwa gabungan partai politik pertama terdiri dari Partai NasDem, PKB, dan PKS, sementara yang kedua terdiri dari PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Sebelumnya, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo telah mengungkapkan kemungkinan pendaftaran Ganjar dan pasangan calon wakil presiden dilakukan dalam waktu dekat. 

TPN Ganjar sedang mempertimbangkan apakah pendaftaran akan dilaksanakan pada hari yang sama dengan pendaftaran koalisi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, yaitu Kamis, atau pada hari Jumat pekan ini.

Baca juga: Prabowo Subianto Ungkap 4 Calon Cawapres Potensial dalam Rapat dengan Partai Pendukung

Wakil Ketua TPN Ganjar, Andi Gani, menjelaskan bahwa kepastian tanggal pendaftaran akan diputuskan dalam rapat TPN yang dijadwalkan esok siang. "Jadi belum pasti di hari Kamis. Dipastikannya di rapat besok di TPN jam 2 siang," ujarnya.

Hari ini, partai politik pendukung Ganjar berkumpul di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Cawapres pendamping Ganjar juga diumumkan pada hari ini.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengungkapkan bahwa pengumuman cawapres Ganjar akan dilakukan di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, pada hari ini. Hasto menyatakan bahwa nama cawapres tersebut telah dipilih melalui proses perenungan yang mendalam oleh Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews