Indonesia Menyodok Posisi di Klasemen Asian Games 2023 dengan 2 Medali Emas Baru

 Indonesia Menyodok Posisi di Klasemen Asian Games 2023 dengan 2 Medali Emas Baru

Tangkapan layar penampilan atlet Indonesia di Seagames.

Jakarta, Batamnews - Posisi Indonesia dalam klasemen sementara perolehan medali Asian Games 2023 mengalami peningkatan yang signifikan setelah berhasil meraih dua medali emas pada hari ini.

Dua medali emas berharga tersebut diperoleh dari dua cabang olahraga yang berbeda, yaitu angkat besi dan panjat tebing. Prestasi cemerlang ini mengukuhkan Indonesia di kancah Asian Games 2023.

Pada cabang angkat besi, medali emas dipersembahkan oleh lifter Indonesia berbakat, Rahmat Erwin Abdullah. Rahmat Erwin Abdullah berhasil meraih medali emas pada nomor pertandingan 73 kg putra. 

Penampilannya yang luar biasa terjadi di Xiaoshan Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, pada Rabu malam (3/10/2023) waktu setempat. Total angkatan seberat 359 kg berhasil dia capai.

Baca juga: Kickboxing Jadi Cabang Resmi PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara!

Rahmat mencatatkan angka 158 kg pada angkatan snatch dan mencapai angka 201 kg pada angkatan clean and jerk. Prestasi gemilang ini juga mempertajam rekor dunia dalam angkatan clean and jerk, yang sebelumnya dipegang oleh Rahmat Erwin Abdullah sendiri sebesar 200 kg saat Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Bogota, Kolombia.

Sementara itu, medali emas keenam untuk Indonesia diraih oleh Desak Made Rita Kusuma Dewi dalam cabang olahraga panjat tebing. Desak Made Rita Kusuma Dewi tampil luar biasa di Shaoxing Keqiao Yangshan Sport Climbing Centre, Hangzhou, China, pada Selasa malam (3/10/2023) waktu setempat dalam nomor speed putri. 

Waktu yang dibukukan oleh Desak Made adalah 6,364 detik, yang membuatnya menjadi yang terbaik dan mengalahkan wakil China, Deng Lijuan, dalam partai final.

Baca juga: Klasemen Asian Games 2023: Indonesia Kembali Masuk 10 Besar Usai Raih Emas Keempat

Selain dua medali emas, Indonesia juga berhasil meraih dua medali perunggu tambahan dari cabang panjat tebing, yang masing-masing dipersembahkan oleh Veddriq Leonardo dan Rajiah Sallsabilah.

Dengan tambahan medali ini, Indonesia kini telah mengoleksi total 22 medali, terdiri dari 6 emas, 3 perak, dan 13 perunggu. Prestasi ini menjadikan Indonesia semakin unggul dan menjauhkan diri dari perolehan medali Malaysia, yang saat ini berada di urutan ke-15 dengan 3 emas, 4 perak, dan 16 perunggu.

Klasemen perolehan medali masih didominasi oleh tuan rumah, China, yang telah meraih total 161 medali emas, 90 perak, dan 46 perunggu. China terus mempertahankan posisi puncak mereka dalam perolehan medali hingga saat ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews