Bank Indonesia Perkenalkan QR Cross-border untuk Transaksi Lintas Negara

Bank Indonesia Perkenalkan QR Cross-border untuk Transaksi Lintas Negara

Foto: dok.Bank Indonesia

Batam, Batamnews - Dalam upaya memfasilitasi transaksi lintas negara yang lebih mudah dan efisien, Bank Indonesia telah memperkenalkan QR Cross-border, sebuah sistem pembayaran berbasis kode QR yang memungkinkan masyarakat Indonesia, Malaysia, dan Thailand untuk melakukan transaksi tanpa harus menukarkan mata uang mereka.

Inovasi ini diumumkan dalam acara Seminar Internasional Gebyar Melayu Pesisir 2023 di kota batam oleh BI perwakilan Kepri yang merupakan panggung internasional bagi teknologi ini, Senin (2/10/2023).

QR Cross-border adalah hasil kerja sama antara Bank Indonesia dan negara-negara tetangga, Malaysia dan Thailand.

Baca juga: Menko Prekonomian Airlangga Hartarto Kunjungi Gebyar Melayu Pesisir 2023 di Batam, Dukung UMKM Produktif

Dalam seminar internasional tersebut, Muhammad Neil El Hilmam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menjelaskan bahwa QR Cross Border akan memberikan dukungan penting bagi sektor pariwisata dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"QR Cross Border memungkinkan wisatawan mancanegara untuk berbelanja dengan mudah di Indonesia tanpa perlu menukarkan uang, hanya dengan melakukan scan kode QR," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BI perwakilan Kepri, Suryono, menjelaskan bahwa Bank Indonesia telah menjalin kerjasama dengan Malaysia dan Thailand terkait implementasi Cross-Border QR Payment.

Baca juga: Kolaborasi IMT GT di Gebyar Melayu Pesisir 2023 Buat UMKM Raup Banyak Cuan

"Ini memungkinkan konsumen dan pedagang dari masing-masing negara dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code," ungkapnya.

QR Cross-border juga memberikan kejelasan mengenai kurs harga atau nilai tukar mata uang antara negara yang terlibat, sehingga pengguna dapat mengetahui pemotongan kurs secara langsung.

Pada tahap selanjutnya, Bank Indonesia juga berencana bekerjasama dengan negara Singapura untuk memperluas jaringan ini.

Inovasi ini diharapkan dapat memudahkan para pengguna, mengurangi risiko penipuan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah seperti Batam, yang berdekatan dengan negara-negara tetangga. QR Cross-border menandai langkah penting dalam memfasilitasi pembayaran lintas negara yang lebih sederhana dan efisien.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews