BPJS Kesehatan Perkenalkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response (POROS) untuk Peningkatan Kualitas Layanan

BPJS Kesehatan Perkenalkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response (POROS) untuk Peningkatan Kualitas Layanan

Batam, Batamnews - Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan telah resmi memperkenalkan inovasi terbaru melalui Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS). Kedua inovasi ini dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, menyatakan bahwa dengan pertumbuhan jumlah peserta JKN sejak diluncurkan pada tahun 2014, perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan. Salah satu upaya nyata transformasi ini adalah dengan menyediakan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Petugas di loket ini akan memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Mereka juga akan mencatat pengaduan tersebut pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP).

Selain itu, petugas rumah sakit juga dapat berkolaborasi dengan Petugas BPJS SATU! atau BPJS Siap Membantu, baik dalam pelayanan onsite maupun mobile, untuk memastikan peserta mendapatkan pelayanan terbaik sesuai jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit.

Ghufron menjelaskan bahwa loket pelayanan informasi ini diberi tanda dengan signage yang terletak pada lokasi yang mudah terlihat dan diakses peserta, seperti area pintu masuk atau area administrasi pelayanan JKN di rumah sakit.

Selain loket informasi, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang dapat diakses oleh peserta JKN saat menerima pelayanan di fasilitas kesehatan. POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang memudahkan peserta dalam mengakses layanan pendukung. Beberapa rumah sakit di Batam telah menyediakan Loket Informasi BPJS Kesehatan, yakni sebagai berikut:

1. RSAB Botania
2. RS Soedarsono Darmosoewito
3. RS Camatha Sahidya
4. RS Jasmine
5. RS Awal Bros Batam
6. RS St. Elisabeth Batam Kota
7. RS HJ Bunda Halimah
8. RS Charis Medika
9. RS Graha Hermine
10. RS Harapan Bunda

Dengan hadirnya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan POROS, BPJS Kesehatan berharap dapat meningkatkan mutu layanan dan kepuasan peserta. Mereka mengajak seluruh pihak untuk bersinergi demi menciptakan pelayanan kesehatan yang berdampak positif pada perlindungan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

Selain memudahkan peserta mendapatkan informasi tentang pelayanan di rumah sakit, loket informasi dan POROS juga menggabungkan kemudahan digital dalam proses pelayanan kesehatan, dengan harapan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi peserta JKN.

(David)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews