Mengandung Bakteri dan Racun, Badan Pangan Singapura Menarik Peredaran Mooncakes

Mengandung Bakteri dan Racun, Badan Pangan Singapura Menarik Peredaran Mooncakes

Badan Pangan Singapura (SFA) tarik peredaran Mooncake karena mengandung bakteri di atas ambang batas (tangkapan layar)

Singapura, Batamnews - Dua jenis mooncake, yakni Joymom's Musang King Snowskin Mooncake dan Fragrance's Single Yolk Lotus Paste Baked Mooncake, ditarik kembali oleh Badan Pangan Singapura (SFA). Mereka menemukan makanan itu mengandung tingkat bakteri yang tinggi yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Dalam pernyataan pada hari Rabu (27/9/2023), SFA mengungkapkan bahwa mereka mendeteksi adanya Staphylococcus aureus (S. aureus) dalam Joymom's Musang King Snowskin Mooncake. 

Badan tersebut juga menemukan adanya aflatoxin, jenis racun yang dihasilkan oleh jamur, dalam Fragrance's Single Yolk Lotus Paste Baked Mooncake.

Baca juga: Patung Merlion: Fakta Menarik di Balik Simbol Ikonik Kota Singapura

Kedua zat tersebut ditemukan pada tingkat yang melebihi batas maksimum yang ditetapkan dalam peraturan makanan Singapura, kata SFA.

Taste Right dan Fragrance Foodstuff, importir dari produk-produk tersebut, diinstruksikan oleh badan tersebut pada hari Rabu untuk mengambil kembali mooncake tersebut. Proses penarikan kembali saat ini sedang berlangsung.

SFA menjelaskan bahwa S. aureus umumnya ditemukan dalam lingkungan, pada kulit manusia, atau dalam hidung, dan dapat menyebabkan keracunan makanan jika terintroduksi ke dalam makanan selama proses produksi, terutama ketika praktik kebersihan tangan yang baik tidak dijalankan.

Gejala keracunan makanan oleh S. aureus dapat mencakup mual tiba-tiba, muntah, kram perut, dan diare.

Di sisi lain, aflatoxin dapat mengkontaminasi makanan akibat kontaminasi jamur, dan diketahui bersifat genotoksik dan karsinogenik, yang berarti dapat merusak DNA dan menyebabkan kanker, tambah badan tersebut.

Makanan yang dapat terkontaminasi meliputi sereal, kacang, biji-bijian minyak, dan makanan olahan yang mengandung bahan-bahan tersebut. Penting untuk menjaga paparan terhadap aflatoxin sekecil mungkin.

Baca juga: Warga Upper Bukit Timah Singapura Kembali ke Rumah Setelah Bom Relik Perang Diledakan

Tanggal kedaluwarsa Joymom's Musang King Snowskin Mooncake adalah 5 Maret 2024, sementara Fragrance's Single Yolk Lotus Paste Baked Mooncake akan kedaluwarsa pada 20 Oktober 2023. Kedua produk tersebut diimpor dari Malaysia.

Konsumen yang telah membeli mooncake yang terkena dampak disarankan untuk tidak mengonsumsinya, kata SFA. Mereka yang telah mengonsumsi produk dan khawatir tentang kesehatan mereka sebaiknya mencari saran medis. Konsumen yang memiliki pertanyaan dapat menghubungi tempat pembelian mooncake tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews