Pengangguran Terbuka di Riau Tahun 2023 Turun Menjadi 135.050 Orang

Pengangguran Terbuka di Riau Tahun 2023 Turun Menjadi 135.050 Orang

Kepala Disnakertrans Riau Imron Rosyadi (ist)

Pekanbaru, Batamnews - Angka pengangguran terbuka di Provinsi Riau pada tahun 2023 mencapai 135.050 orang, mengalami penurunan dari sebelumnya yang mencapai 138.150 orang. 

Data ini didasarkan pada informasi yang diterima oleh batamnews.co pada Minggu (24/9/2023). Terjadi penurunan sebanyak 3.100 orang dalam angka pengangguran terbuka

"Ada beberapa faktor menjadi penyebab  adanya angka pengangguran di Riau. Rendahnya mutu dan Sumber Daya Manusia yang ada, salah satu persoalan itu," jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau, Imron Rosyadi kepada wartawan, Minggu (24/9/2023). 

Baca juga: Penerbangan Tanjungpinang-Pekanbaru oleh Wings Air Ditangguhkan: Bagaimana Nasib Penumpang?

Kemudian, sebut Rosyadi, sistem pendidikan yang belum link and macth atau masih output oriented dan belum job oriented. 

Selanjutnya, kesempatan kerja minim. Yang mana,  antara ketersediaan pekerja dengan lapangan kerja tidak seimbang. Persoalan lainnya,  kurangnya keterampilan menjadi permasalahan. 

Dari penjelasan Rosyadi, Disnakertrans Riau sudah melakukan beberapa upaya untuk mengurangi angka pengangguran terbuka di Riau. 

Baca juga: Berkah Malam Exclusive Priority Gathering, BRK Syariah Closing Capai Rp11 Miliar Lebih

Disnakertrans Riau, sebut dia, juga melakukan pelatih melalui Balai Latihan Kerja (BLK), pelatihan kerja melalui kerjasama, pemagangan dalam negeri, pemagangan luar negeri dan pelatihan kewirausahaan. 

"Kami juga melakukan pengendalian penggunaan tenaga kerja asing di Riau, untuk lebih banyak memberikan kesempatan kerja kepada tenaga kerja lokal," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews