Tim Gabungan Berhasil Padamkan Karhutla di Pelalawan Riau

Tim Gabungan Berhasil Padamkan Karhutla di Pelalawan Riau

Tim gabungan berjibaku padamkan karhutla di Pelalawan.

Pelalawan, Batamnews - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di daerah Tapak Kuda, Dusun Air Putih, Desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau, telah berhasil dipadamkan oleh tim gabungan yang terdiri dari Polsek Langgam, Darboard Lancang Kuning, dan petugas pemadam kebakaran masyarakat.

Titik koordinat titik api kebakaran ini terletak di 0.109750 Lintang Utara dan 101.905290 Bujur Timur.

Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto melalui Kapolsek Langgam Iptu Alferdo Krisnata Kaban menjelaskan bahwa petugas sedang berupaya untuk mengeluarkan api yang tersembunyi di bawah lapisan tanah gambut yang terbakar.

Baca juga:  Kemendagri: Bank Riau Kepri Syariah Jadi BPD Pertama di RI Lakukan Pemadanan Data NIK Nasabah

Lokasi hotspot ini berjarak sekitar 35 kilometer dari kota Kecamatan Langgam dan merupakan lahan gambut yang ditumbuhi semak belukar, dengan tekstur tanah yang menjadi penghalang.

“Api memang sulit diketahui keberadaannya. Namun berkat kesigapan tim gabungan, api yang telah membakar areal gambut seluas satu hektar berhasil dipadamkan,” ungkap Kapolsek.

Menurut Kapolsek, lahan yang terbakar diduga milik NN, seorang warga desa Pangkalan Gondai. Saat ini, api di lokasi Karhutla telah berhasil dipadamkan, hanya menyisakan asap tipis. Cuaca turun hujan dengan intensitas sedang turut membantu dalam proses pemadaman.

Baca juga: Sinergi KPU Bintan dan Pemerintah Daerah dalam Persiapan Pemilu 2024

Dalam operasi ini, tim verifikasi Polri berkoordinasi dengan TNI, BPBD, RPK PT Nusa Prima Manunggal, serta perangkat desa dan Masyarakat Peduli Api Desa Pangkalan Gondai. Sebanyak 45 personil terlibat dalam pemadaman, menggunakan tiga unit mesin air jenis mini striker, 15 rol selang, dan sepuluh unit sepeda motor roda dua.

"Api telah padam dan hanya meninggalkan asap yang tipis. Faktor cuaca di lokasi karhutla yang turun hujan dengan intensitas sedang memudahkan waktu dalam menyelesaikan api," jelas Kapolsek.

Saat ini, tim masih berada di lokasi untuk melakukan pendinginan, dan penyelidikan penyebab kebakaran sedang dilakukan oleh Polsek. Pemilik lahan NN juga akan segera dipanggil untuk dimintai keterangannya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews