Pementasan Teater Bangsawan Siap Hibur Warga Lingga di Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu

Pementasan Teater Bangsawan Siap Hibur Warga Lingga di Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu

Sanggar Seni Diram Parkase siap tampil di Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Masyarakat Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) akan disuguhi pertunjukan seni teater bangsawan yang spektakuler dalam Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu yang diselenggarakan oleh Badan Pelestarian Kebudayaan Wilayah (BPKW) IV Riau dan Kepri.

Acara ini berlangsung dari tanggal 20 hingga 23 September 2023, di halaman Kantor Bupati Lingga, Daik, Kecamatan Lingga.

Tiga sanggar seni di wilayah Kepri telah bersiap-siap untuk menonton penonton selama tiga hari berturut-turut. Sanggar Indera Perkasa dari Pulau Penyengat akan membuka pertunjukan pada Kamis, 21 September 2023, diikuti oleh Sanggar Seni Diram Perkase dari Desa Sungai Buluh, Kabupaten Lingga, pada malam yang sama.

Baca juga:  Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu di Lingga Resmi Digelar dengan Beragam Kegiatan

Acara akan ditutup dengan penampilan gemilang dari Sanggar Sri Mahkota Lingga pada Sabtu, 23 September 2023. Yang membuat acara ini semakin istimewa adalah tema-tema yang beragam yang akan dibawakan oleh setiap sanggar seni.

Sanggar Seni Diram Perkase misalnya, telah mempersiapkan latihan selama hampir satu bulan untuk pertunjukan mereka.

Ketua sanggar, Sariman Adi Pureza, mengungkapkan semangat dan tekad mereka untuk menghidupkan kembali seni teater bangsawan yang sempat vakum karena dampak pandemi Covid-19.

“Kami latihan satu minggu ada tiga malam, hampir satu bulan kami latihan,” kata Ketua Sanggar Seni Diram Perkase, Sariman Adi Pureza, Rabu (20/9/2023).

Baca juga:  Makan Berhidang Tandainya Dimulainya Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu di Lingga

Pementasan teater bangsawan ini akan memadukan kisah-kisah lama dengan kreasi baru yang segar, dan diharapkan dapat menghibur masyarakat di Ibu Kota Daik. Sanggar Seni Diram Perkase, yang bergerak aktif di Pulau Singkep, akan menghadirkan judul "Titisan Darah Laksmana," sebuah drama yang mengangkat nuansa kerajaan zaman dulu.

“Judul teater bangsawan kami yakni Titisan Darah Laksmana. Teater ini sudah kami tampilkan sebelumnya saat menghibur warga Desa Sungai Buluh pada momen Hari Kemerdekaan 2023,” ungkapnya.

Tak hanya mengenang sejarah, teater bangsawan juga bisa mengangkat cerita-cerita fiktif yang memukau. Harus dicatat bahwa teater bangsawan Lingga telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia, sehingga pementasan ini bukan hanya hiburan biasa, tetapi juga menjaga kekayaan budaya daerah tersebut tetap hidup dan bersemangat.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan teater bangsawan yang memukau ini di Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu di Kepri!


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews