Tanjung Datuk, Destinasi Wisata Geologi yang Mendunia di Natuna

Tanjung Datuk, Destinasi Wisata Geologi yang Mendunia di Natuna

Geopark Tanjung Datuk, Natuna. (Foto: dok.Dispar Natuna)

Natuna, Batamnews - Tanjung Datuk, bagian dari Geopark Natuna, telah diidentifikasi sebagai potensi warisan geologi yang menakjubkan.

Berdasarkan standar dan panduan asesmen warisan geologi yang telah ditetapkan, pusat survey geologi di bawah Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, telah mengkaji dengan seksama Tanjung Datuk pada tahun 2018.

Daerah ini kaya akan sumber daya alam dan potensi yang luar biasa, seperti sebaran batuan granit yang langka, keanekaragaman hayati yang unik, warisan budaya dan sejarah yang mendalam, serta peninggalan Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) yang menjadi bagian penting dari sejarah maritim.

Terletak secara strategis di wilayah Natuna yang sangat penting, Tanjung Datuk adalah kandidat yang sangat layak untuk diakui sebagai Geopark Nasional.

Baca juga: Pementasan Teater Bangsawan Siap Hibur Warga Lingga di Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu

Keputusan untuk menetapkan Natuna sebagai Geopark Nasional merupakan bentuk apresiasi dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) terhadap sektor pariwisata di daerah ini. Hal ini menciptakan peluang besar untuk pengembangan pariwisata yang berkelanjutan.

Dengan penetapan ini, diharapkan keanekaragaman geologi, keanekaragaman hayati, dan warisan budaya serta sejarah di Tanjung Datuk, serta potensi warisan geologi (geosite) lainnya, akan tetap dijaga, dilindungi, dan dilestarikan.

Langkah ini tidak hanya bertujuan untuk pendidikan dan peningkatan kesadaran masyarakat, tetapi juga untuk mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di wilayah Natuna. Semua ini merupakan persiapan yang penting dalam perjalanan menuju status Unesco Global Geopark (UGG) yang prestisius.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews