Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu di Lingga Resmi Digelar dengan Beragam Kegiatan

Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu di Lingga Resmi Digelar dengan Beragam Kegiatan

Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu di Lingga resmi dibuka, Rabu (20/9/2023) malam. (Foto: Faisal/Prokopim)

Lingga, Batamnews - Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu yang digelar Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah (BPKW) IV Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, resmi digelar di Halaman Kantor Bupati Lingga, mulai 20-23 September 2023.

Acara dimulai dengan makan berhidang yang dilaksanakan di Gedung LAM Kabupaten Lingga, Komplek Istana Dambah, Rabu (20/9/2023. Kemudian pasa malam harinya, pembukaan secara resmi dilakukan di halaman Kantor Bupati Lingga.

Kepala BPKW IV Riau dan Kepri, Jumhari dalam sambutannya saat makan berhidang mengungkapkan bahwa pada kegiatan ini pihaknya juga menggelar doa bersama yang ditujukan untuk masyarakat Rempang Batam.

Baca juga: Makan Berhidang Tandai Dimulainya Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu di Lingga

"Semoga Allah bisa menunjukkan solusi terbaik kepada saudara-saudara kita disana, dan dalam kondisi yang tetap kondusif,” ucap dia.

Selanjutnya beliau mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lingga atas kerjasama dan dukungannya sehingga kegiatan ini dapat berlangsung untuk mendorong upaya kemajuan kebudayaan.

"Terimakasih, karena Kabupaten Lingga adalah penyumbang terbesar untuk pengetahuan Warisan Budaya Tak Benda di Provisi Kepri. Mudah-mudahan program-program seperti ini tentu dapat berkelanjutan, dan ekosistem terkait dengan upaya kemajuan kebudayaan terus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya pembangunan termasuk pembangunan di Kabupaten Lingga,” tuturnya.

Baca juga: Saksikan, Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu Digelar di Lingga 20-23 September 2023

Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu ini akan diramaikan dengan berbagai kegiatan budaya yang dapat dinikmati, ditonton, dan diikuti oleh masyarakat luas, khususnya Lingga.

Pada perhelatan tersebut akan dipertunjukkan teater bangsawan yang akan disuguhkan oleh kelompok Sanggar Sri Mahkota Lingga dan Bangsawan Diram Perkasa Sungai Buluh, keduanya berasal dari Kabupaten Lingga. Selain dua sanggar bangsawan dari Lingga, Bangsawan Indera Perkasa Penyengat juga akan ambil bagian untuk menghibur masyarakat Lingga.

Teater tradisional Mak Yong dari Sanggar Warisan Bintan, Pak Pung Medan, serta penampilan sanggar-sanggar seni Kabupaten Lingga juga akan turut meramaikan Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu tersebut.

Pada Kenduri Budaya ini juga terdapat perlombaan Lagu Melayu dan Silat Pengantin Melayu Berpasangan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews