Makan Berhidang Tandai Dimulainya Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu di Lingga

Makan Berhidang Tandai Dimulainya Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu di Lingga

Acara makan berhidang sebagai awal pembuka digelarnya Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu di Lingga. (Foto: Jasman/Prokopim)

Lingga, Batamnews - Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu yang digelar oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IV Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, resmi digelar di Daik Lingga, 20-23 September 2023.

Kegiatan dimulai dengan acara makan berhidang yang dilaksanakan di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga, Rabu (20/9/2023) siang.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu, Zulkifli Harto mengatakan, makan berhidang ini merupakan awal dari kegiatan Kenduri Kampung. Ada makna tersendiri dari makan berhidang tersebut.

"Jadi sebagai awal kegiatan, kita sebetulnya berdoa mohon selamat dan kelancaran kegiatan ini dari awal sampai akhir," kata dia kepada Batamnews, usai kegiatan.

Baca juga: Saksikan, Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu Digelar di Lingga 20-23 September 2023

Tak sebatas untuk kelancaran kegiatan, pria yang menjabat sebagai Analis Nilai Budaya di BPK Wilayah IV Riau dan Kepri ini juga mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini juga dipanjatkan doa agar diberikan jalan keluar terbaik, untuk saudara-saudara Melayu yang ada di Rempang Galang. Sehingga semua pihak dapat terakomodir dan terselesaikan dengan baik.

"Makan berhidang ini memang merupakan rangkaian kegiatan Kenduri Bunda Tanah Melayu, kegiatan ini tidak hanya sebatas euforia, seni budaya dan bersenang-senang. Tapi ini dalam rangka pelestarian seni budaya dengan menghadirkan pentas seni dari berbagai wilayah, tidak hanya Lingga tapi dari luar Lingga," ucapnya.

"Selain kita menjalin kerjasama dengan pihak Pemda, kita juga berharap seni budaya dapat dilestarikan," sambung Zulkifli.

Ia melanjutkan, kegiatan Balai Pelestarian Kebudayaan atau BPK ini selalu ada tiap tahunnya. Mulai dari festival, kenduri hingga workshop dan banyak lainnya.

Baca juga: Gubernur Ansar Ahmad Hadiri Pengukuhan PSMM Kota Tanjungpinang 2023-2027

"Jadi setiap tahun kita ada kegiatan yang lokasinya berpindah-pindah. Bisa di Karimun, Riau, Jambi. Jadi untuk kegiatan Kenduri Kampung ini, atas permintaan Pemda Lingga, kalau bisa jadi event tahunan. Kami juga akan berusaha agar kegiatan ini bisa jadi kegiatan tahunan di sini," tuturnya.

Zulkifli berharap, lewat kegiatan ini Lingga yang memiliki banyak seni tradisi, sejarah, bahkan pariwisata dapat terekspose ke masyarakat luas. Karena menurutnya, potensi yang ada di Lingga kurang diketahui masyarakat luas.

"Melalui kegiatan ini kita berharap dibaca, dilihat dan ditonton orang luar. Tidak hanya masyarakat Lingga. Kita akan usahakan Kenduri Kampung Bunda Tanah Melayu ini bisa menjadi event tahunan di Lingga," pungkasnya mengakhiri.

Sebagaiman diketahui, dalam acara makan berhidang di Gedung LAM Lingga tersebut turut hadir Bupati Lingga Muhammad Nizar beserta sejumlah pejabat lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews