Wali Kota Tanjungpinang Serahkan 20 Unit Rumah Produksi dan Usulkan 17 Unit Tambahan pada Tahun 2024

Wali Kota Tanjungpinang Serahkan 20 Unit Rumah Produksi dan Usulkan 17 Unit Tambahan pada Tahun 2024

Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma, saat menyerahkan secara simbolis kunci rumah produksi.

Tanjungpinang, Batamnews - Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, MM, telah mengambil langkah besar dalam mendukung kaum perempuan untuk membangun usaha sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. 

Bahkan, dalam upaya lebih lanjut, Hj. Rahma telah mengajak kaum ibu untuk membangun industri kecil dengan memanfaatkan berbagai kegiatan produktif yang sesuai dengan jenis keahlian dan kemampuan masing-masing.

Pernyataan ini disampaikan oleh Hj. Rahma pada saat ia menyerahkan kunci Rumah Produksi kepada 20 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan Kecamatan Tanjungpinang Timur, yang berlokasi di Kampung Sidomulyo, pada hari Selasa, 19 September. 

Sebagai pemimpin Kota Tanjungpinang, Pemerintah Kota telah secara aktif terlibat dalam memperkuat ekonomi masyarakat dengan fokus pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta IKM.

Baca juga: Aplikasi E-Pantun dan Pembayaran Non Tunai QRIS Resmi Diluncurkan

"Ibu-ibu harus menjadi perempuan yang tangguh dan mandiri dalam mendukung perekonomian keluarga. Kemandirian perempuan dalam sektor ekonomi akan berdampak positif pada kesejahteraan keluarga, masyarakat, dan daerah secara keseluruhan," pesan Hj. Rahma kepada para pelaku UMKM dan IKM yang hadir dalam acara Peresmian dan Serah Terima Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan di Kampung Sidomulyo.

Pembangunan 20 unit Rumah Produksi untuk 20 pelaku IKM yang telah memenuhi kompetensi tertentu ini dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia tahun 2023. 

Pada Selasa, 19 September kemarin, Hj. Rahma juga mengunjungi langsung 6 unit Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur. 

Enam Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan tersebut terletak di Kampung Sidomulyo, Kampung Wonosari, Jalan Handjoyo Putro, Jalan Adi Sucipto, dan Kampung Sumber Rejo.

Selain menyerahkan bangunan dan peralatan industri pendukung, Hj. Rahma juga memberikan bantuan peralatan industri langsung kepada 197 pelaku IKM lainnya di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur. 

Bantuan peralatan industri ini merupakan bagian dari serangkaian program bantuan peralatan pendukung usaha yang telah diserahkan oleh Hj. Rahma kepada lebih dari 2.700 penerima fasilitas program pembangunan ekonomi kerakyatan sejak tahun 2022. 

Baca juga: Proyek Pembangunan Pasar Baru Tanjungpinang Ditargetkan Rampung Januari 2024

Rinciannya adalah 1.733 penerima fasilitas pada tahun 2022 dan 1.304 penerima fasilitas pada tahun 2023.

Bantuan peralatan penunjang usaha yang diberikan kepada 197 pelaku UMKM/IKM pada Selasa, 19 September, mencakup 25 jenis peralatan, seperti mesin pengiris tempe, pengaduk adonan, freezer, kompor gas, oven gas, spinner, oven deck, dan berbagai jenis peralatan industri lainnya.

Hj. Rahma juga mengungkapkan rencananya untuk melanjutkan pembangunan Rumah Produksi pada tahun 2024 dengan membangun 17 unit Rumah Produksi Tahu Tempe. Ia berharap agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mampu mengawal pembangunan Rumah Produksi ini hingga selesai sesuai dengan usulan yang telah diajukan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews