Kegiatan Safari Germas di Tanjungpinang Upaya untuk Masyarakat Sehat

Kegiatan Safari Germas di Tanjungpinang Upaya untuk Masyarakat Sehat

Safari Germas yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, Batamnews - Dalam rangka mendukung program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, hadir pada kegiatan Safari Germas yang diinisiasi oleh UPTD Puskesmas Batu 10. 

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan skrining deteksi dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) di kalangan masyarakat. Safari Germas dilaksanakan di halaman Perumahan Griya Senggarang Permai pada Sabtu, 16 September.

Dalam sambutannya, Wali Kota Rahma menyampaikan apresiasi kepada jajaran tenaga kesehatan yang terlibat dalam pelaksanaan Safari Germas. Ia menganggap kegiatan ini sebagai langkah konkret dalam meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat. 

Baca juga: Sandiaga Uno Hadiri Turnamen Golf dan Workshop Kreatif di Bintan, Kepulauan Riau

"Atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang tentu sangat mendukung, mengapresiasi, dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Tanjungpinang serta UPTD Puskesmas Batu 10 karena telah melaksanakan kegiatan Safari Germas sebagai edukasi kepada masyarakat untuk hidup sehat. Selain itu, melalui kegiatan ini, kita berupaya memperkuat upaya pencegahan penyakit di lingkungan masyarakat," ungkapnya.

Rahma juga merasa senang melihat antusiasme masyarakat yang mengikuti pemeriksaan kesehatan tersebut dan berharap hal ini akan meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat. 
"Alhamdulillah, masyarakat telah menunjukkan kesadaran akan pentingnya kesehatan. Dengan melakukan skrining deteksi dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM), kita dapat meningkatkan tingkat kesehatan di masyarakat. Kita dapat mencegah dan mengobati penyakit dengan lebih efektif. Oleh karena itu, saya mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan pemeriksaan kesehatan yang disediakan dalam Safari Germas ini dan untuk meningkatkan aktivitas fisik secara teratur dan terukur," tambahnya.

Baca juga: Potensi Pariwisata Pulau Bintan Meningkat dengan Penerbangan Internasional di Bandara RHF

Dr. Elfiani Sandri, selaku Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Tanjungpinang, menambahkan bahwa Safari Germas akan terus digaungkan dalam setiap kegiatan pelayanan kesehatan yang akan turun langsung ke lokasi masyarakat. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara bergantian setiap bulan di beberapa lokasi wilayah kerja puskesmas masing-masing.

"Dalam membentuk pola perilaku hidup sehat menuju gerakan masyarakat hidup sehat, pemeriksaan rutin secara berkala sangat penting, terutama bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Dengan melakukan integrasi dalam berbagai macam pelayanan, kita dapat mendeteksi berbagai macam penyakit dan memberikan edukasi kesehatan," tambahnya.

Dr. Muhammad Algi Fari, Kepala Puskesmas Batu 10, mengungkapkan bahwa Germas telah aktif dilaksanakan sejak tahun 2022. 

"Germas di wilayah puskesmas Batu 10 dilaksanakan setiap bulan di wilayah Air Raja dan Pinang Kencana. Kegiatan ini melibatkan lebih banyak pelayanan, seperti penyuluhan kesehatan, pengukuran antropometri, skrining penyakit tidak menular, pemeriksaan gula darah, pengobatan umum dan konsultasi, skrining TB, serta pemeriksaan IVA dan Sadanis. Kami berharap dengan Safari Germas, semangat masyarakat untuk memeriksakan kesehatan mereka semakin bertumbuh," jelasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews