Nasi Padang: Menu Populer yang Bikin Kantong Terkuras?

Nasi Padang: Menu Populer yang Bikin Kantong Terkuras?

Seorang netizen memposting harga makanan di rumah makan Padang di Jogya (internet)

Batam, Batamnews - Hidangan khas Minang seperti rendang, gulai ayam sampai dendeng balado merupakan menu populer yang biasa ditemukan dalam nasi Padang. Nasi Padang sendiri konsepnya mirip dengan nasi rames, atau nasi bungkus yang terdiri dari beberapa lauk.

Umumnya harga nasi Padang memang tidak terlalu mahal bahkan cukup terjangkau. Tergantung seberapa banyak lauk yang dipilih, serta di mana tempat membelinya.

Namun, belakangan ini, banyak netizen di media sosial yang komplain dengan harga nasi Padang. Mereka mengeluhkan harga nasi Padang yang terbilang mahal, meski mereka hanya membeli satu porsi atau satu bungkus saja. 

Baca juga: Persiapan Asian Games: Bocoran 12 Pemain Terpilih untuk TC Timnas U-24 Indonesia

Berikut lima curhatan netizen seputar nasi Padang yang harganya selangit.

1. Komplain Nasi Padang Mahal di Jogja

Seorang netizen curhat di akun Twitter @merapi_uncover, mengenai harga nasi Padang yang ia beli di Jogja. Ia terkejut ketika 2 porsi nasi Padang berlauk cumi dan perkedel yang dipesannya dipatok Rp 98.000.

Bukannya mendapat dukungan, cuitan netizen soal nasi Padang Rp 98 ribu itu malah banjir kritik dari netizen. Mereka menganggap harga itu wajar karena netizen itu juga makan di restoran Padang terkenal di Jogja.

2. Harga Seporsi Nasi Padang di Belanda

Konten kreator TikTok, Jerhemy Owen membagikan pengalamannya makan nasi Padang di Belanda. Ia mampir di restoran Waroeng Padang Lapek yang ada di Den Haag. Restoran Padang ini terkenal sebagai salah satu yang terenak di sana.

Memesan Nasi Padang Hidang, Jerhemy menghabiskan €19,50 (Rp 305 ribu) per orang. Jadi, jika memesan 4 porsi, totalnya sekitar Rp 1,2 juta. Ia juga memesan minuman dan es campur sehingga total bersantapnya sekitar Rp 2 juta.

Baca juga: Minamisebo, Monumen Saksi Sejarah Serdadu Jepang Pernah Ada di Batam

3. Nasi Padang di Taman Safari

Harga makanan yang dijual di dalam Taman Safari, Bogor, disebut banyak pengunjung terlalu mahal. Bahkan baru-baru ini ada pengunjung yang komplain di media sosial, karena harga nasi Padang sepiringnya mencapai Rp 120.000.

Di foto tersebut, pengunjung ini mengeluhkan harga nasi Padang yang sangat mahal. Bahkan membandingkannya dengan restoran Padang premium seperti Pagi Sore.

4. Harga Nasi Padang di Singapura

Seorang wanita bernama Helen memutuskan untuk makan nasi Padang, di salah satu gerai makanan yang ada di area foodcourt, di mall ION Orchard, Singapura. Totalnya dia harus membayar sekitar SGD 10.30 (Rp 120.000) untuk seporsi nasi Padang yang dipesannya. 

Memang harga nasi Padang di Singapura jauh lebih mahal ketimbang di Indonesia. Tapi bagi warga Singapura sendiri, seporsi nasi Padang dengan harga SGD 10.30 sudah terlalu mahal.

Baca juga: Mengenal Xinyi Group: Sang Investor dengan Investasi Triliunan Rupiah di Pulau Rempang, Batam

5. Harga Nasi Padang di Australia

Rata-rata per porsi nasi Padang dibanderol AUD 16 atau sekitar Rp 167.300 (kurs Rp 10.456). Pilihan lauknya beragam seperti rendang, ayam gulai, ayam pop, telur balado, hingga perkedel. Cindy menilai meski harga nasi Padang ini cukup mahal, namun bisa mengobati rasa kangen akan nasi Padang di Indonesia. Terlebih Pondok Buyung juga membuat suasana rumah makan autentik Indonesia.

Nasi Padang memang lezat, tetapi sepertinya harga yang semakin melambung membuat banyak orang berpikir dua kali sebelum menikmatinya di luar negeri maupun di dalam negeri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews