Bungkam Turkmenistan, Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024

Bungkam Turkmenistan, Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024

Line Up Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23. (Dok. Instagram Timnas Indonesia)

Jakarta, Batamnews - Timnas Indonesia U-23 berhasil memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 pada pertandingan terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023).

Pada awal babak pertama, bek Timnas Indonesia U-23, Elkan Baggott, melakukan kesalahan passing pada menit ke-40 yang hampir dimanfaatkan oleh pemain depan Turkmenistan, Priyev Ruslan. Namun, kiper Indonesia, Ernando Ari, berhasil mengamankan tembakan Ruslan.

Timnas Indonesia U-23 sebenarnya mencetak gol pada menit ke-10 melalui sontekan Hokky Caraka, yang meneruskan umpan dari Pratama Arhan. Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit Kim Dae Yong dari Korea Selatan karena Arhan dianggap terjebak offside, meskipun tayangan ulang menunjukkan sebaliknya.

Pada menit ke-23, lemparan ke dalam oleh Arhan menciptakan peluang bagi Elkan Baggott, tetapi tembakan voli Rafael Struick diblokir oleh kiper Turkmenistan.

Baca juga: Peluang Timnas Indonesia, Malaysia dan Thailand Lolos ke Piala Asia U-23 2024 Ditentukan Malam Ini

Pada menit ke-29, skema serupa dari lemparan ke dalam Arhan memberikan peluang bagi Struick, tetapi lagi-lagi tembakannya bisa diblok oleh pertahanan Turkmenistan.

Barulah pada menit ke-39, Indonesia berhasil memecahkan kebuntuan melalui gol Ivar Jenner, yang mencetak tembakan keras dari luar kotak penalti Turkmenistan setelah menerima umpan Arkhan Fikri. Gol ini tercipta setelah bola tembakan Jenner membentur kepala pemain belakang Turkmenistan, Oraz Orazov, sehingga sulit untuk dihalau oleh kiper lawan.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta, dan Indonesia unggul 1-0 atas Turkmenistan di babak pertama.

Di babak kedua, Timnas Indonesia tampil lebih dominan dalam penguasaan bola. Pada menit ke-54, mereka mengancam gawang Turkmenistan melalui sundulan Rio Fahmi, yang mengenai mistar setelah menerima umpan tendangan bebas Ivar Jenner.

Baca juga: Pertandingan Penentuan Nanti Malam: Indonesia U-23 vs Turkmenistan U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Pada menit ke-58, Marselino Ferdinan mendapatkan tekel keras dari pemain Turkmenistan Umarov Salim dan menerima kartu kuning sebagai hukuman.

Di menit ke-70, Shin Tae Yong memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Hokky Caraka, dan di menit ke-71, Witan Sulaeman memiliki peluang emas yang diblok tendangan blunder kiper Turkmenistan.

Pada menit ke-75, Arkhan Fikri memamerkan keterampilannya dalam mengontrol bola di sudut kiri pertahanan Turkmenistan. Pada menit ke-89, tembakan Arkhan Fikri sekali lagi mengancam gawang Turkmenistan tetapi masih bisa ditangkap oleh kiper lawan.

Di menit ke-90+2, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui sundulan Pratama Arhan yang meneruskan umpan Muhammad Rayhan Hannan.

Dengan hasil ini, Indonesia finis di posisi puncak klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dan secara resmi lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar pada April tahun depan dengan status sebagai juara Grup K.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews