Tim Terpadu TNI-Polri-Pemko Batam Amankan Pengukuran dan Pemasangan Patok di Kawasan Rempang Eco City

Tim Terpadu TNI-Polri-Pemko Batam Amankan Pengukuran dan Pemasangan Patok di Kawasan Rempang Eco City

Tim Gabungan Terpadu mengamankan pengukuran dan pemasangan patok di Rempang, Jumat (8/9/2023) kemarin

Batam, Batamnews - Tim Terpadu yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Pemerintah Kota Batam ikut mengamankan pengukuran dan pemasangan patok tata batas di Kawasan Rempang Eco City, Kecamatan Galang, Kota Batam pada Jumat (08/09/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si, Danrem 033 WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto M.A.,M.Sc, Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Asep Safrudin, S.I.K.,M.H., Dirsamapta Polda Kepri Kombes Pol. Dudus Harley Davidson, Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol. Tri Yulianto, S.I.K.,M.S.I, Dirpolairud Polda Kepri Kombes Pol. Trisno Eko Santoso, S.I.K., dan Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Pol. M. Faisal Aris, S.I.K.,M.M, serta sejumlah pejabat penting lainnya.

Sebelum memulai pengamanan, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH memimpin apel kesiapan di Simpang Sri Rezeki (Rest Area) Sembulang Kecamatan Galang. 

Baca juga: Konflik Pengembangan Pulau Rempang di Batam: 5 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

Kapolresta Barelang menekankan bahwa tindakan pemblokiran jalan oleh masyarakat adalah persoalan internal yang harus diselesaikan dengan pendekatan persuasif dan humanis.

"Perlu di ingat, yang melakukan pemblokiran jalan adalah saudara kita semua, jadi kita lakukan tindakan humanis, pendekatan yang persuasif tetapi tetap tegas. Semua harus satu komando tidak ada yang melakukan tidakan masing-masing. Dan tidak boleh terpancing emosi," kata Kombes Pol Nugroho kepada jajarannya sebelum bergerak..

Kapolresta Barelang, seperti dilansir tribrata.kepri.polri, Sabtu (9/9/2023),  juga menjelaskan bahwa situasi selama pengukuran dan pemasangan patok tata batas telah berjalan dengan aman dan tertib sejak awal. Upaya-upaya penertiban dan pengamanan dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Baca juga: Situasi Kawasan Rempang Kondusif, BP Batam Apresiasi Sikap Kooperatif Masyarakat

Tim Gabungan terbagi menjadi 7 Tim yang memiliki tanggung jawab masing-masing dalam pengukuran dan pemasangan patok tata batas di Pulau Rempang. Total patok yang telah terpasang mencapai 248 patok.

Selain pengamanan, Posko Pengamanan Wilayah Rempang juga telah didirikan di tujuh lokasi strategis, seperti Simpang Jembatan 4, Simpang Cate, Yayasan Yaa Bunaya, Pintu masuk Pantai Melayu, Kedai Simpang Rezeki, Sungai Buluh Simpang Sembulang, dan Kantor Camat Galang. 

Setiap posko pengamanan terdiri dari personil gabungan yang berasal dari berbagai instansi, termasuk Polri, TNI, BP Batam, dan Satpol PP.

Baca juga: Aparat Mulai Pasang Patok di Sekeliling Kampung Sembulang Batam Pasca Kerusuhan

Operasi ini merupakan langkah proaktif untuk memastikan kelancaran pengukuran dan pemasangan patok tata batas di Kawasan Rempang Eco City. Tim Terpadu akan terus memantau perkembangan situasi dan menjaga ketertiban serta keamanan selama pelaksanaan tugas ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews