Optimalkan Penggunaan Aplikasi Srikandi: Sekda Bintan Dorong Efisiensi Kearsipan Digital

Optimalkan Penggunaan Aplikasi Srikandi: Sekda Bintan Dorong Efisiensi Kearsipan Digital

Sekda Bintan saat memimpin rapat dengan sejumlah OPD di Kabupaten Bintan

Bintan, Batamnews - Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan, Ronny Kartika, memimpin Rapat Evaluasi Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi, yang lebih dikenal sebagai Aplikasi Srikandi. 

Dalam rapat yang digelar di Ruang Rapat 2 Kantor Bupati Bintan, Sekda Ronny Kartika menekankan pentingnya optimalisasi penggunaan Aplikasi Srikandi oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bintan.

Aplikasi Srikandi, yang telah aktif sejak tahun 2020, dirancang untuk mempermudah dan mempercepat pengelolaan arsip melalui digitalisasi layanan surat-menyurat, dengan penerapan tanda tangan digital dan penyimpanan dokumen dalam bentuk arsip digital. 

Baca juga : Termasuk Bintan 9 Bupati/Wali Kota se Indonesia Ikuti Economic Leadership for REL

Dalam rapat tersebut, Sekda Ronny Kartika mengajukan pertanyaan kritis: bagaimana caranya agar penggunaan Aplikasi Srikandi dapat lebih terintegrasi di seluruh OPD Bintan dan mempercepat penyelesaian administrasi surat-menyurat secara teknis.

"Saat ini, tantangan utama adalah bagaimana mengintegrasikan penggunaan Aplikasi Srikandi untuk memastikan penyelesaian administrasi surat-menyurat yang lebih efisien di setiap OPD Bintan," ujar Sekda Ronny Kartika.

Aplikasi Srikandi sendiri telah dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan, termasuk kemampuan untuk menciptakan arsip dengan cara membuat, mengirim, dan menerima naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintahan. 

Baca juga : Kejari Bintan Sita Aset Terpidana Korupsi Pengadaan TPA Tanjung Uba Selatan

Selain itu, terdapat fitur pemeliharaan arsip untuk memastikan keaslian, integritas, dan kepercayaan dokumen arsip, serta fitur penggunaan arsip yang diakses oleh pihak yang berwenang. 

Fitur penyusutan arsip, termasuk pemindahan dan pemusnahan arsip, juga telah diimplementasikan dalam aplikasi ini.

Harapannya, dengan semakin ditingkatkannya penggunaan Aplikasi Srikandi di berbagai OPD, efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan arsip pemerintahan dapat terwujud. 

Sekda Ronny Kartika mendorong seluruh OPD Bintan untuk bekerja sama dalam mengoptimalkan sistem ini, guna meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penggunaan teknologi modern.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews