Demografi Kota Batam: Suku Melayu Terbanyak, Tionghoa 6,28%

Demografi Kota Batam: Suku Melayu Terbanyak, Tionghoa 6,28%

Busana melayu yang kerap digunakan pada saat acara-acara di Kepulauan Riau (Foto: Ist)

Batam, Batamnews.co.id - Berdasarkan data dari Sensus Penduduk Tahun 2000 dan informasi terkini, Batam dikenal sebagai kota yang memiliki komposisi penduduk yang heterogen. Kota ini menampilkan keragaman budaya yang tercermin dari beragam etnis yang mendiami kawasan tersebut.

Etnis Dominan di Batam
Berdasarkan data dari Sensus Penduduk Tahun 2000, etnis Melayu merupakan etnis dominan dengan persentase 26,78%. Diikuti oleh Jawa (17,61%), Batak (14,97%), Minangkabau (14,93%), dan Tionghoa (6,28%). Meskipun terdapat keberagaman etnis, masyarakat Batam dikenal harmonis dan menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika sebagai dasar kebersamaannya.

Penduduk dan Pertumbuhan
Dengan jumlah penduduk yang mencapai 1.329.773 jiwa pada tahun 2018, Batam tercatat memiliki laju pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi, menjadikannya sebagai kota terbesar kedelapan di Indonesia. Antara tahun 2001 hingga April 2012, kota ini mencatat pertumbuhan penduduk rata-rata lebih dari 8% per tahun.

Agama
Dalam segi kepercayaan, Islam menjadi agama mayoritas dengan penganut sebanyak 71,96% berdasarkan data kependudukan tahun 2020. Diantara minoritas, Kristen Protestan memiliki penganut sebanyak 17,81%, diikuti Buddha sebesar 6,75%.

Bahasa
Dalam komunikasi sehari-hari, Bahasa Indonesia dominan digunakan. Namun, keberagaman suku di Batam memperkaya keragaman bahasa, seperti Bahasa Melayu, Minangkabau, Batak, dan Jawa.

Ekonomi dan Industri
Batam dikenal memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi, mendominasi berbagai sektor seperti komunikasi, perbankan, industri, perdagangan, dan jasa. Kawasan ini telah diakui sebagai salah satu pemacu pertumbuhan ekonomi di tingkat nasional.

Pariwisata
Batam terkenal sebagai destinasi pariwisata dengan berbagai fasilitas hotel dan resort berstandar internasional. Pada tahun 2010, kota ini bahkan menggelar kunjungan wisata dengan tema "Visit Batam 2010 – Experience it".

Pendidikan
Kota Batam juga menjadi rumah bagi berbagai lembaga pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, menandakan komitmen kota dalam mengedepankan pendidikan berkualitas bagi warganya.

Dengan berbagai keragaman suku, agama, dan budaya, Batam tetap mampu mempertahankan harmoni dan integrasi sosial di tengah masyarakatnya. Ini menjadi contoh nyata bagaimana Bhinneka Tunggal Ika dijunjung tinggi di tengah keragaman.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews