Launching Batik dan Lembaga Pelatihan, Pemko Apresiasi Pengurus Karang Taruna Batam

Launching Batik dan Lembaga Pelatihan, Pemko Apresiasi Pengurus Karang Taruna Batam

Karang Taruna Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), sukses meluncurkan batik khas dan meresmikan berdirinya Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Karang Taruna, Minggu (6/7/2023).

Batam, Batamnews - Karang Taruna Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), sukses meluncurkan batik khas dan meresmikan berdirinya Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Karang Taruna, Minggu (6/7/2023).

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Lantai Empat Kantor Wali Kota Batam itu dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Jefridin Hamid, dan Majlis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) H Suhadi.

Kegiatan ini dihadiri ratusan pengurus Karang Taruna tingkat Kota Batam dan tingkat kecamatan. Puluhan peserta Diklat Kominfo dan Humas yang ditaja Karang Taruna, juga hadir di acara tersebut.

Baca juga: Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Batam Meningkat Hampir 10 Ribu Pemohon dalam Sebulan Terakhir

Mereka mengenakan batik khas dengan motif larik dan warna dasar biru hitam. Sedangkan sebagian lagi mengenakan kostum hitam bertuliskan Karang Taruna.

Peluncuran batik ini sendiri dipandu langsung oleh Ketua Karang Taruna Kota Batam Zul Arif. Peluncuran itu ditandai dengan pemutaran video pendek mengenai proses pembuatan Batik Karang Taruna dan video kegiatan pelatihan yang digelar LPK Karang Taruna.

Zul Arif juga menyampaikan bahwa Karang Taruna Kota Batam terus berkiprah guna pengentasan masalah sosial, dan pembinaan generasi muda.

Baca juga: Seorang Pria di Karimun Ditemukan Meninggal Dunia di Rumah Kontrakannya

"Kita selalu berupaya mendukung dan berkolaborasi bersama pemerintah untuk pembangunan Batam. Salah satunya dengan meningkatkan kreativitas anak muda dan membina keterampilan mereka," ujarnya.

 

Batik khas Karang Taruna sendiri menampilkan motif Awan Berarak khas Karang Taruna. Juga dikombinasikan dengan logo Karang Taruna di bagian dada depan. Proses pembuatan Batik ini dilakukan langsung oleh pengurus Karang Taruna yang juga pengrajin batik Indra Sugiono.

Sementara itu, LPK Karang Taruna pengelolaannya dibawah PT Era Katar Berjaya pimpinan Jogie Suaduon yang juga pengurus Karang Taruna Kota Batam. LPK ini mengambil tempat di Kompleks Sekolah Hang Tuah Bengkong.

Tahap pertama, saat ini sedang dilakukan pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan terhadap puluhan pengurus Karang Taruna perwakilan seluruh kecamatan se-Kota Batam.

"Karang Taruna terus berupaya menggerakkan kekuatan anak muda, untuk mendukung Wali Kota Haji Muhammad Rudi mewujudkan Batam Kota Baru," ujar Zul Arif.

Sekretaris Daerah Kota Batam sekaligus Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Kota Batam Jefridin Hamid mewakili Wali Kota Muhammad Rudi hadir pada kegiatan berkenaan.

Selain meresmikan LPK Karang Taruna dan launching batik Karang Taruna, dia juga menyerahkan secara simbolis bantuan sarana prasarana olahraga dari Pemerintah Kota Batam kepada pengurus Karang Taruna.

“Atas nama Pemerintah Kota berterima kasih kepada seluruh pengurus Karang Taruna dari tingkat Kota hingga Kelurahan. Juga mengapresiasi Karang Taruna sebagai wadah generasi muda untuk mengabdi kepada masyarakat Batam yang kita cintai,” ujar Jefridin.

 

Sedikit bercerita, Jefridin menyampaikan bahwa dirinya saat ini dapat menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Batam, tidak lepas dari peran dan pengaruh berorganisasi di Karang Taruna semasa muda. Dari itu, Jefridin memberi semangat kepada seluruh anggota Karang Taruna Kota Batam untuk mengabdi dengan sepenuh hati.

“Saya menjadi Sekda saat ini, sedikit banyak pengaruhnya berasal dari Karang Taruna. Dahulu saya menjadi pengurus KT di Tanjunguma, Pengurus KT Kecamatan Batam Barat dan Pengurus KT Kodya Batam. Karena Batam pada masa itu hanya memiliki 3 Kecamatan, yaitu Belakangpadang, Batam Barat dan Batam Timur,” katanya.

Jefridin turut mengajak para generasi muda ini, untuk mendukung dan bergandeng tangan bersama pemerintah mewujudkan visi Batam, sebagai bandar dunia madani yang modern dan sejahtera.

“Kita tingkatkan dan perkokoh persatuan dan kesatuan. Bantu pemerintah, untuk tingkat Kecamatan terus berkonsultasi dengan Pak Camat, begitu juga tingkat Kelurahan. Agar bagaimana seluruh persoalan masyarakat tertangani dengan baik,” katanya.

Ia berharap, peran serta aktif Karang Taruna Kota Batam, dapat menjaga kondusifitas, keamanan dan kebersihan Kota Batam menuju Batam Kota Baru.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews