Kwartir Daerah Pramuka Kepri Hebohkan Hari Pramuka ke-62 dengan Penanaman 750 Bibit Pohon

Kwartir Daerah Pramuka Kepri Hebohkan Hari Pramuka ke-62 dengan Penanaman 750 Bibit Pohon

Ansar Ahmad tanam pohon di Kantor Pramuka Kepri

Tanjungpinang, Batamnews - Dalam rangka Bulan Bakti Pramuka Tahun 2023 dan merayakan Hari Pramuka ke-62, Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar Kegiatan Bakti Sosial yang mengajak seluruh komunitas untuk berpartisipasi dalam penanaman 750 bibit pohon. Acara berlangsung di Lingkungan Gedung Kwartir Daerah Pramuka Kepri, Dompak, Tanjungpinang, pada Sabtu (5/8).

Kegiatan ini mendapat dukungan langsung dari Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, yang hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menyoroti pentingnya menjaga eksistensi pohon sebagai sarana peneduh di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu, dengan terpaan panas terik matahari yang dapat tiba-tiba diikuti oleh hujan. Penanaman berbagai jenis pohon, termasuk durian, alpukat, dan jambu air, menjadi fokus kegiatan ini.

Baca juga : Pengolahan Limbah Cangkang Kerang Gonggong Menjadi Tepung Suplemen Pakan Ternak di Desa Pengujan, Bintan

"Pohon sebagai peneduh sangat penting, baik di musim hujan maupun panas terik, karena itu merupakan bagian dari Dasa Dharma Pramuka yang ke-2, yaitu 'Cinta Alam dan Kasih Sayang Kepada Manusia'," ujar Gubernur Ansar.

Selain bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan mendukung kesehatan manusia dengan menyediakan asupan oksigen yang sehat serta mengurangi polusi udara, kegiatan ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk menghadapi perubahan iklim dan mewujudkan lingkungan yang hijau dan bersih.

Baca juga : BP Batam Operasikan IPA Baru 350 untuk Penyelesaian Persoalan Air

Gubernur Ansar berharap penanaman pohon ini tidak hanya menyuburkan bumi perkemahan Pramuka Kepri, tetapi juga dapat menjadi pusat perkemahan dan pendidikan bagi anggota Pramuka dan masyarakat. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kepri, Adi Prihantara, serta para pengurus dan komunitas Pramuka dari berbagai tingkatan.

Dalam ajakannya kepada generasi muda, Gubernur Ansar menyampaikan pesan agar mereka turut menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan dengan gemar menanam pohon. 

"Apa yang kita tanam hari ini semoga bermanfaat di masa yang akan datang," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews