Waspada Macet di Gerbang Singapura- Johor Bahru Selama Hari Kemerdekaan, Waktu Tunggu Bisa 3 Jam

Waspada Macet di Gerbang Singapura- Johor Bahru Selama Hari Kemerdekaan, Waktu Tunggu Bisa 3 Jam

Antrian panjang di perbatasan Singapura dengan Johor Bahru Malaysia (ilustrasi)

Singapura, Batamnews - Seiring dengan dekatnya perayaan Hari Kemerdekaan Singapura, para pengunjung diimbau untuk bersiap menghadapi kemacetan yang mungkin terjadi di gerbang perbatasan antara Singapura dan Johor Bahru (JB).

Otoritas Imigrasi dan Gerbang (ICA) Singapura telah memberi peringatan tentang potensi lalu lintas padat di gerbang perbatasan selama periode perayaan Hari Kemerdekaan. Perayaan Hari Kemerdekaan Singapura jatuh tanggal 9 Agustus.

Para pengemudi diharapkan untuk mempersiapkan diri menghadapi waktu tunggu yang lebih lama, bahkan hingga tiga jam, jika mereka berencana menyeberang perbatasan.

Baca juga: Harga Tiket Mahal, Warga Jambi Memilih Terbang dari Palembang ke Batam

Menurut unggahan di Facebook serta siaran media yang disertakan pada Jumat (4/8/20230), ICA mencatat bahwa Rabu mendatang (9/8/2023) adalah hari libur umum Hari Kemerdekaan. Ini akan diikuti oleh libur sekolah pada Kamis (10/8/2023).

Akibatnya, diperkirakan lalu lintas akan mengalami peningkatan di gerbang perbatasan Woodlands dan Tuas pada kedua hari tersebut.

Bagi yang merencanakan perjalanan ke Malaysia, diimbau untuk mempertimbangkan waktu tunggu tambahan untuk pemeriksaan imigrasi. ICA menyarankan bahwa pada periode puncak selama akhir pekan panjang, waktu tunggu bisa mencapai hampir tiga jam.

Jumlah ini sebanding dengan waktu tunggu yang biasa terjadi sebelum pandemi Covid-19.

Baca juga: Sadio Mane Usai Debut Bersama Al Nassr Langsung Umrah

Peningkatan lalu lintas selama periode liburan umum bukanlah hal yang baru.

Pada libur umum terbaru - Hari Raya Haji pada 29 Juni - antrian panjang mobil terlihat menunggu untuk melakukan pemeriksaan imigrasi. Pada periode tersebut, lebih dari 2,2 juta pengunjung melintasi dua perlintasan perbatasan dalam enam hari, mulai dari 28 Juni hingga 3 Juli.

Waktu puncak dengan jumlah perlintasan terbanyak adalah 3 Juli. Jumlahnya mencapai 408.000 orang melakukan perjalanan pada hari tersebut.

ICA mengingatkan pengemudi untuk tetap patuh pada aturan lalu lintas. Menjaga disiplin jalur, dan bekerjasama dengan petugas di lokasi. 

Baca juga: George Goh Antarkan Pendaftaran Capres Singapura: Ingin Jadi Presiden Rakyat

Mereka juga menyarankan agar pengunjung memeriksa situasi lalu lintas melalui berbagai sumber informasi sebelum memulai perjalanan.

Selain itu, ICA juga mengingatkan penduduk Singapura, pemegang izin tinggal jangka panjang, dan pengunjung pendek yang sebelumnya terdaftar bahwa mereka dapat menggunakan kios imigrasi otomatis untuk mempercepat proses pemeriksaan imigrasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews