Wisata Batam Semakin Bergairah, Jumlah Wisman Melonjak dengan Wisatawan Singapura Terbanyak

Wisata Batam Semakin Bergairah, Jumlah Wisman Melonjak dengan Wisatawan Singapura Terbanyak

Dua fery dari Singapura mau berlabuh ke Pelabuhan Internasional Batam Center (ilustrasi/dennirisman)

Batam, Batamnews - Kota Batam mencatat peningkatan yang luar biasa dalam jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada bulan Juni Tahun 2023. 

Total kunjungan wisman pada bulan tersebut mencapai 134.280 kunjungan, menunjukkan kenaikan sebesar 73,61 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Mei 2023, yang hanya mencatat 77.348 kunjungan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, Agus Kadaryanto, menyampaikan bahwa kunjungan wisman Juni 2023 ini menjadi yang tertinggi sepanjang semester pertama tahun tersebut. 

Baca juga: Seorang Istri Hilang di Kapal Pesiar Milik Royal Caribbean, Diduga Jatuh ke Laut Singapura

Selain itu, angka tersebut juga mengalami lonjakan yang signifikan jika dibandingkan dengan bulan Juni tahun sebelumnya, dengan pertumbuhan mencapai 238,48 persen.

Salah satu faktor yang berkontribusi pada peningkatan kunjungan wisman adalah adanya libur sekolah di Singapura. 
Libur sekolah ini berimbas positif pada pariwisata di Kota Batam, dan khususnya, wisatawan Singapura masih menjadi yang paling banyak berkunjung ke destinasi ini.

Data statistik menunjukkan bahwa dari total kunjungan wisman pada bulan Juni 2023, sekitar 66,80 persen berasal dari wisatawan berkebangsaan Singapura. 

Baca juga: Pemerintah Buka 572.496 Lowongan ASN untuk Tahun 2023, Fokus Rekrutmen Tenaga Guru dan Kesehatan

Jumlah ini mencapai angka 89.694 kunjungan. Wisatawan dari Malaysia menempati posisi kedua dengan 15.607 kunjungan, diikuti oleh India dengan 4.654 kunjungan, China dengan 2.461 kunjungan, Filipina dengan 2.678 kunjungan, dan Australia dengan 827 kunjungan.

Kunjungan wisatawan ini tidak hanya menguntungkan bagi pariwisata, tetapi juga berdampak positif pada sektor ekonomi dan industri pariwisata di Kota Batam. 

Baca juga: Update Harga BBM Terbaru di SPBU Pertamina Batam dan Kepulauan Riau

Peningkatan jumlah kunjungan ini menunjukkan tanda-tanda pemulihan setelah masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19, dan diharapkan akan terus berlanjut untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan pariwisata di wilayah tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews