Penanganan Korban Musibah Kebakaran di Tambelan: Analisis Kerusakan dan Bantuan Logistik

Penanganan Korban Musibah Kebakaran di Tambelan: Analisis Kerusakan dan Bantuan Logistik

Kebakaran di Tambelan yang menghanguskan belasan rumah di dua desa

Bintan, Batamnews - Sebagai respons cepat terhadap musibah kebakaran yang melanda Kecamatan Tambelan, Tim Terpadu Pemerintah Kabupaten Bintan telah dibentuk untuk segera melakukan penghitungan dan analisis kerusakan. Musibah kebakaran tersebut menyebabkan 11 rumah hangus terbakar dan 51 jiwa terpaksa mengungsi, melibatkan 16 Kepala Keluarga (KK).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan, Ramlah, menyatakan bahwa tim terpadu telah bergerak cepat menuju Tambelan, menggunakan kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 3, yang berangkat dari pelabuhan ASDP Tanjung Uban pada Kamis malam, tanggal 3 Agustus 2023.

Kedatangan tim di Tambelan bertujuan untuk segera melakukan penghitungan dan penilaian kerugian pasca kebakaran yang terjadi. Ramlah menyebutkan, "Setibanya di Tambelan, tim akan melakukan penghitungan dan kerugian pasca kebakaran, yang mengakibatkan 11 rumah terbakar, 16 Kepala Keluarga (KK) dan 51 jiwa mengungsi."

Baca juga : Pemkab Bintan Siap Bantu Kepengurusan Dokumen Korban Kebakaran di Tambelan dan Sediakan Bantuan Medis

Selain tugas penghitungan dan analisis kerusakan, tim terpadu juga membawa bantuan logistik untuk para korban musibah kebakaran di Tambelan. Bantuan tersebut berupa kebutuhan pokok dan keperluan penting lainnya, yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan serta didukung oleh berbagai Organisasi Kemasyarakatan dan pihak lain yang peduli.

"Alhamdulillah, kami turun bersama Tim Terpadu. Tim bergerak sesuai tupoksi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," tambah Ramlah.

Baca juga : Bupati Bintan Kirim Tim Bantu Korban Kebakaran di Tambelan

Tim Terpadu yang terdiri dari berbagai instansi diharapkan dapat memberikan bantuan dan pendampingan kepada para korban serta membantu dalam proses pemulihan daerah terdampak. Kebakaran ini menyisakan duka mendalam bagi warga Tambelan, dan upaya sinergis dari berbagai pihak diharapkan dapat mengurangi beban yang dirasakan oleh masyarakat yang terdampak musibah ini.

Pemerintah Kabupaten Bintan berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan agar korban musibah kebakaran di Kecamatan Tambelan dapat segera pulih dan kembali beraktivitas normal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews