Perjalanan Wisatawan ke Batam Terus Meningkat, Singapura Masih Jadi Kontributor Terbesar

Perjalanan Wisatawan ke Batam Terus Meningkat, Singapura Masih Jadi Kontributor Terbesar

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam terus meningkat, terbanyak dari Singapura (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Badan Pusat Statistik Kota Batam melaporkan bahwa kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kota Batam pada Februari 2023 mencapai 74.193 kunjungan, mengalami penurunan sebesar 21,72% dibanding bulan sebelumnya. 

Namun, dibandingkan dengan Februari tahun sebelumnya, terjadi kenaikan sebesar 34.259,68%.

Baca juga: 11 Kelompok Nelayan di Kampung Melayu Batam Tidak Bisa Melaut Gara-gara Limbah B3 Cemari Perairan

Kepala BPS Kota Batam, Aguskadaryanto, menyatakan bahwa penurunan jumlah kunjungan wisman terjadi di pintu masuk Kota Batam, seperti Pelabuhan Ferry Batam Center, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Ferry Harbourbay, Pelabuhan International Sekupang, dan Bandara Internasional Hang Nadim.

Wisatawan mancanegara terbanyak yang berkunjung ke Kota Batam pada Februari 2023 berasal dari Singapura, dengan jumlah kunjungan sebanyak 42.606 orang.

Baca juga: 6 Penyintas Sudan Asal Kepri Dijemput dan Dipulangkan oleh Pemprov Kepri

“Jumlah kunjungan wisman paling banyak berasal dari Singapura, sebanyak 42.606 kunjungan,” ujar Agus dalam siaran pers yang diterima Batamnews, Kamis (4/5/2023). 

Diikuti oleh wisman dari Malaysia, India, China, Philipina, Vietnam, Inggris, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang.

Baca juga: Keluarga Minta Otopsi Jenazah Debby Tahanan Rutan Batam yang Diduga Alami Penganiayaan

Selain itu, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Kepulauan Riau pada Februari 2023 mencapai rata-rata 43,69%, turun sebesar 3,89% dibanding TPK Januari 2023. Namun, dibandingkan dengan Februari 2022, terjadi kenaikan sebesar 13,69% poin.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews