Ayah Mendongeng

Ayah Mendongeng

Dr. H. Irfan Aulia, M.Psi

Oleh: Dr. H. Irfan Aulia, M.Psi

SAAT anak ingin tidur atau bangun, hal apa yang kini ia cari?Coba kita lihat sekeliling. Sudah anda dapatkan jawabannya? Saat ini kebanyakan anak mencari gawai atau gadget orang tua.

Mengapa? Kalau kita tanya kepada anak. Ia akan menjawab seru bisa nonton dan main game. Apakah ada aktivitas lain yang dapat menandingi hal ini?

Saya coba melakukan sebuah eksperimen kecil ketika anak saya sedang main gawai. Saya mencoba membuka buku dan mendongeng kepada anak. Ternyata perhatian anak teralih. Ia menikmati cerita ayahnya.

Saya mencoba bertanya tentang isi buku dan memperlihatkan gambar-gambar yang ada di buku. Ia tertarik dan perhatian ke gawai (gadget) teralihkan.

Baca juga: BPOM Umumkan Produk Berbahaya Bagi Ginjal dan Kesehatan Tubuh Lainnya

Banyak orang tua khawatir terhadap gawai (gadget). Padahal sebagai ayah, kita punya kesempatan untuk mengalihkan aktivitas lain dengan cara yang menyenangkan.

Mendongeng dan membaca buku bukanlah hal baru. Hanya ayah mungkin lupa atau sudah lama tak melakukan hal ini. Cobalah kita menyempatkan waktu melakukan hal ini kepada anak.

Mungkin pada awalnya belum biasa. Setelah beberapa kali anda akan menyadari dan menikmati aktivitas ini.

Ayah mendongeng bermanfaat bukan hanya untuk anak. Bagi ayah ini juga sarana melepas stress sekaligus meningkatkan ikatan emosional yang positif dengan anak.

Penulis adalah Psikolog Muda yang sekarang berdomisili di Kota Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews