Perhatian Terhadap Stunting: Jefridin Ajak Kader Posyandu Waspadai Pertumbuhan Anak

Perhatian Terhadap Stunting: Jefridin Ajak Kader Posyandu Waspadai Pertumbuhan Anak

Sekda Kota Batam Jefridin ajak kader Posyandu waspadai stunting (ist)

Batam, Batamnews - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin, M.Pd., mengajak para Kader Posyandu untuk terus memperhatikan pertumbuhan anak demi menekan angka stunting.

Hal itu merupakan pesan langsung dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang disampaikan oleh Jefridin saat silaturahmi bersama Kader Posyandu di Kecamatan Seibeduk di Aula Pasar GMP, Kamis (27/7/2023).

Ia mengatakan, Kader Posyandu memiliki peran penting dalam menekan angka stunting. Ia menegaskan bahwa perhatian terhadap anak sejak dini sangatlah krusial.

Baca juga: Perjalanan Emosional Yunita, Petugas PPIH Debarkasi Batam yang Mendampingi Pemulangan Jemaah Risiko Tinggi

“Tumbuh kembang anak perlu terus diperhatikan sehingga anak-anak bisa terhindar dari stunting,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa angka stunting di Kota Batam setiap tahunnya terus mengalami penurunan. Pada tahun 2020, terdapat 3.876 balita stunting dengan prevalensi sebesar 7,21 persen.

Namun, berkat kerjasama dan kolaborasi semua pihak, jumlah tersebut mengalami penurunan menjadi 3.367 balita stunting (6,02 persen) pada tahun 2021, dan terus menurun lagi menjadi 1.441 balita (2,42 persen) pada tahun 2022.

Baca juga: 11 Destinasi Wisata yang Sedang Hits di Kota Batam, Menyajikan Pesona Alam dan Keindahan Khas

“Pada tahun 2023, angka tersebut mencatat 1.207 balita (1,90 persen). Keberhasilan ini tentu berkat kerjasama semua pihak, termasuk Kader Posyandu,” ujar Jefridin, yang juga sebagai Wakil Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kota Batam.

Tak hanya itu, Jefridin juga mengajak Kader Posyandu untuk bersama-sama menyiapkan generasi emas dalam menghadapi bonus demografi. Pesan ini juga merupakan fokus khusus dari Wali Kota Batam.

“Pak Wali terus mengingatkan kita semua untuk menyiapkan SDM unggul,” tutur Jefridin.

Di kesempatan itu, dilakukan pula penandatanganan Amprah sebagai penyerahan insentif bagi Kader Posyandu se-Kecamatan Sei Beduk.

Baca juga: Prata: Menu Sarapan Khas India yang Menggugah Selera di Tanjungpinang, Kepulauan Riau

“Insentif terus ditingkatkan, jangan melihat jumlahnya saja, tapi ini bentuk perhatian Pak Wali kepada Kader Posyandu,” pungkas Jefridin dengan penuh apresiasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews