Banyak Pendaftar Jalur Afirmasi PPDB Batam Tingkat SD Tidak Memenuhi Syarat, Jalur Zonasi Dibuka Mulai Besok

Banyak Pendaftar Jalur Afirmasi PPDB Batam Tingkat SD Tidak Memenuhi Syarat, Jalur Zonasi Dibuka Mulai Besok

Banyak pendaftar jalur afirmasi PPDB Batam tingkat SD tidak memenuhi syarat, akibatnya kuota masih banyak yang kosong (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Batam jalur afirmasi atau jalur untuk murid kurang mampu tingkat sekolah dasar akan berakhir pada Senin (5/6/2023) malam ini. Namun, dari lebih dari 3 ribu pendaftar melalui jalur tersebut, banyak yang tidak memenuhi syarat.

Jefridin, Pelaksana Harian (PLH) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, menyebutkan bahwa hingga Senin siang, masih terdapat banyak kuota tersedia untuk jalur afirmasi tingkat SD.

Baca juga: PPDB 2023: 63.134 Pelajar Daftar SMA/SMK di Riau

"Jumlah pendaftar sampai Senin siang mencapai 3.005 peserta didik, namun setelah dilakukan verifikasi oleh tim, hanya 550 pendaftar yang memenuhi syarat. Sementara kuota untuk jalur afirmasi ini tersedia untuk 1.836 murid," kata Jefridin, yang juga menjabat sebagai Sekko Batam.

Angka pendaftar yang memenuhi syarat setelah verifikasi tersebut jauh lebih rendah daripada jumlah kuota yang tersedia. Jefridin berharap bahwa kuota untuk jalur afirmasi tersebut dapat terpenuhi sebelum penutupan.

Baca juga: PPDB SD 2023: Daya Tampung 14.228 Murid, Disdik Batam Siapkan Server Cadangan

Jalur Zonasi Mulai Dibuka Besok

Setelah jalur afirmasi ditutup pada Senin malam, PPDB tingkat SD di Batam akan membuka jalur zonasi mulai Selasa (6/6/2023).

PLH Kadisdik Batam mengingatkan para orang tua untuk memperhatikan persyaratan yang diperlukan saat mendaftar melalui jalur zonasi. Pendaftaran melalui jalur zonasi akan berlangsung mulai tanggal 6 Juni hingga tanggal 10 Juni 2023.

Baca juga: Jokowi Beri Bonus Peraih Medali SEA Games 2023: Ramadhan Sananta Terima Rp 367 Juta

Para orang tua perlu memperhatikan jarak terdekat antara rumah dengan sekolah yang dipilih saat mendaftar melalui jalur zonasi. Semakin dekat jarak rumah dengan sekolah, semakin tinggi peluang diterima.

Sementara itu, pendaftaran melalui jalur perpindahan orang tua baru dapat dilakukan melalui PPDB online mulai tanggal 13 Juni hingga 16 Juni 2023.

Pendaftaran PPDB dapat dilakukan secara online melalui situs web https://ppdbbatam.id. Pendaftaran dapat dilakukan melalui HP, komputer, atau laptop.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews