Dua Supermoon Bakal Menerangi Langit Singapura pada Agustus Ini: Catat Tanggalnya

Dua Supermoon Bakal Menerangi Langit Singapura pada Agustus Ini: Catat Tanggalnya

Dua supermoon bakal menghiasi langit Singapura pada bulan Agustus ini (ilustrasi/st)

Singapura, Batamnews - Pengamat bintang di Singapura akan dihadiahi dengan bukan satu, tapi dua penampakan supermoon pada bulan Agustus 2023.

Supermoon adalah fase bulan purnama ketika bulan berada paling dekat dengan Bumi, membuatnya terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

Supermoon pada Agustus - yaitu sturgeon moon dan blue moon - akan terlihat di Singapura pada 1 Agustus dan 31 Agustus, demikian disampaikan oleh Observatorium Pusat Sains pada hari Selasa.

Baca juga: Keunikan Singapura yang Membuatnya Begitu Menarik dan Unik

Sturgeon moon adalah supermoon kedua dari empat supermoon yang muncul pada tahun 2023, setelah buck moon menghiasi langit malam pada 3 Juli.

Bulan ini akan berada 357.581 km dari Bumi pada titik terdekatnya, menjadikannya supermoon kedua terdekat dengan planet pada tahun 2023.

Blue moon diperkirakan menjadi supermoon tercerah dan terdekat dengan Bumi pada tahun 2023. Bulan ini akan berjarak 357.182 km dari Bumi pada titik terdekatnya.

Baca juga: Pemerintah Singapura Diminta Lebih Transparan dalam Penyelidikan Kasus Korupsi Menteri Transportasi Iswaran

Berikut beberapa fakta menarik tentang dua supermoon tersebut:

Bagaimana sturgeon moon dan blue moon mendapatkan namanya?

Orang-orang asli Amerika menamai sturgeon moon dari nama ikan sturgeon besar. Selama periode ketika sturgeon moon terlihat, diyakini bahwa ikan ini lebih umum ditemukan di Great Lakes dan badan air utama lainnya di Amerika Utara.

Blue moon mengacu pada bulan purnama kedua dalam satu bulan dengan dua bulan purnama, berbeda dengan definisi blue moon musiman, yaitu bulan purnama ketiga dalam satu musim astronomi dengan empat bulan purnama.

Kejadian dua bulan purnama dalam satu bulan terjadi setiap dua hingga tiga tahun sekali. Blue moon terakhir terlihat pada 31 Oktober 2020.

Baca juga: China Kembali Berlakukan Bebas Visa 15 Hari untuk Warga Singapura dan Brunei

Pukul berapa supermoon Agustus akan terlihat?

Sturgeon moon diperkirakan akan mulai terbit di Singapura pada pukul 7 malam pada 1 Agustus ke arah tenggara.

Mulai pukul 9 malam, bulan ini akan mencapai ketinggian optimal di langit untuk ditonton, dan akan terus terbit hingga mencapai meridian, titik tertinggi yang akan dicapai di langit, pada pukul 1 pagi pada 2 Agustus, sebelum mulai terbenam ke arah barat daya.

Blue moon diperkirakan akan mulai naik di Singapura pada pukul 7.34 malam pada 31 Agustus, sekitar di arah timur.

Bulan ini akan mencapai ketinggian optimal untuk ditonton mulai pukul 9 malam, dan akan terus terbit hingga mencapai meridian pada pukul 12.51 pagi pada 1 September, sebelum mulai terbenam ke arah barat daya. 

Baca juga: Paspor Singapura Mungkin yang Paling Berkuasa di Dunia, Visa Masih Dibutuhkan untuk Sejumlah Negara: Ini Negaranya

Apakah blue moon akan terlihat berwarna biru?

Blue moon sebenarnya tidak berwarna biru, tetapi ada beberapa kasus ketika terlihat seperti itu karena ada tetesan air di udara, jenis awan tertentu, atau partikel seperti asap atau abu vulkanik yang diangkat ke atmosfer oleh bencana alam.

Selama letusan gunung berapi Krakatau di Indonesia pada tahun 1883, bulan terlihat biru karena partikel abu menyebarkan cahaya merah dan berfungsi sebagai filter biru.

Di mana tempat terbaik untuk melihat supermoon Agustus?

Supermoon dapat dilihat dari mana saja di Singapura selama langit cerah dan menawarkan pandangan tanpa hambatan, demikian disampaikan oleh Observatorium Pusat Sains.

Area publik terbuka seperti Marina Barrage, East Coast Park, dan Southern Ridges dapat menawarkan pandangan yang lebih baik dan potensial untuk melihat supermoon dari ketinggian, tambah observatorium tersebut. 

Baca juga: Fokus Pengembangan Tenaga Kerja Kesehatan, Singapura Berikan Bonus S$15.000 (Rp170 Juta) untuk Lulusan Perawat

Apakah supermoon dapat dilihat dengan mata telanjang?

Ya, menurut Observatorium Pusat Sains, supermoon yang cerah ini akan sulit terlewatkan, kecuali jika langit sangat berawan.

"Namun, perlu diingat bahwa penampilan Bulan dapat bervariasi tergantung pada kondisi atmosfer dan lokasi spesifik Anda," kata observatorium tersebut.

Kapan supermoon berikutnya?

Supermoon terakhir pada tahun 2023 - bulan panen - diperkirakan akan terlihat pada 29 September. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews