Tinjau Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Cen Sui Lan Upayakan Penambahan Dermaga Sandar

Tinjau Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Cen Sui Lan Upayakan Penambahan Dermaga Sandar

Cen Sui Lan meninjau pelabuhan ASDP Tanjunguban. (Foto: ist)

Bintan, Batamnews - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan melakukan kunjungan kerja pengawasan ke Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Minggu (23/7/2023).

Dari hasil kunker tersebut, Cen Sui Lan menyatakan, pelabuhan ASDP Tanjunguban ini akan direvitalisasi, dan dermaga sandar kapal roll on roll off (roro) akan ditambah.

Pada saat kunjungan kerja pengawasan ke Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Cen Sui Lan didampingi Rudi Chua Anggota DPRD Provinsi Kepri. Turut hadir Dinda staf BPTD Kepri Ditjen Hubdat Kemenhub, serta Nana Sutisna Kepala Cabang Batam PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP).

Baca juga: Cen Sui Lan Serap Aspirasi Ponpes di Bintan, Singgung Peningkatan Sarpras

Kunjungan pengawasan ke Pelabuhan Roro ASDP Tanjunguban ini guna memastikan pelayanan kepada masyarakat Kepri yang menggunakan jasa transportasi penyeberangan roro, dari Punggur-Tanjunguban (PP).

Dalam peninjauan pelabuhan roro di Tanjunguban tersebut, Cen Sui Lan menerima penjelasan dari Nana Sutisna tentang progres revitalisasi dermaga roro Tanjunguban. Revitalisasi ini agar bisa memberikan kenyamanan dan kelancaran arus barang, orang dan jasa yang dikelola ASDP tersebut.

Cen Sui Lan pun menyatakan akan dilakuan penambahan dermaga sandar kapal roro di pelabuhan Tanjunguban tersebut, menjadi 2 tempat sandar Kapal. Sehingga bisa memberikan optimalisasi dalam melayani masyarakat pengguna jasa kapal roro.

Baca juga: Cen Sui Lan Terpukau dengan Pementasan Seni dan Budaya di HUT Vihara Samudra Dharma

Serta bisa meningkatkan aktivitas ekonomi dan memberikan dampak untuk kesejahteraan masyarakat. Tujuan akhirnya, bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Kita revitalisasi Pelabuhan ASDP Tanjunguban ini, dermaga sandar kapal roro ditambah,” tegas Cen Sui Lan, Senin (24/7/2023).

 

Dengan demikian, ia juga meminta agar gedung yang ada di kawasan dermaga kapal roro Tanjunguban segera direhabilitasi dan digunakan untuk ruang tunggu pengguna jasa roro. Agar bisa memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Cen Sui Lan mengungkapkan, kawasan dermaga kapal roro di Tanjunguban segera dibenahi. Terutama dermaga sandar kapal roro dari satu tempat sandar, menjadi 2 dermaga sandar. Hal ini guna melancarkan proses pelayanan penumpang agar dapat melayani lebih maksimal. Baik dari segi waktu maupun peningkatan kapasitas trip dan jadwal pelayanan.

”Revitalisasi dermaga juga dengan menambah kanopi, agar pengguna tidak kena hujan atau panas, sehingga nyaman. Gedung yang tidak digunakan, agar segera direnov. Sehingga berfungsi sebagai ruang tunggu penumpang kapal roro Tanjunguban,” jelas Cen Sui Lan.

Kunjungan kerja pengawasan tersebut dilakukan, karena sebelumnya Cen Sui Lan menerima laporan dari Rudi Chua Anggota DPRD Provinsi Kepri tentang keluhan masyarakat Kepri yang menggunakan jasa kapal roro rute Tanjunguban-Punggur Batam yang tidak terlayani dengan baik.

Bahkan menurut laporan Rudi, bahwa hari Sabtu dan Minggu serta hari-hari libur nasional, pelayanan kapal roro di Tanjunguban, crowded dan menunggu 3 atau 4 jam di laut untuk sandar.

“Saya sudah mintakan agar dermaga sandar roro ini dijadikan 2 tempat. Untuk sekarang, lagi disiapkan plengsengan untuk jangka pendek agar bisa melayani kebutuhan masyarakat. Dan itu pihak PT ASDP segera mengeksekusinya,” ujar Cen Sui Lan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews