Cen Sui Lan Serap Aspirasi Ponpes di Bintan, Singgung Peningkatan Sarpras

Cen Sui Lan Serap Aspirasi Ponpes di Bintan, Singgung Peningkatan Sarpras

Anggota DPR RI Komisi V, Cen Sui Lan melaksanakan reses di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri). (Foto: ist)

Bintan, Batamnews - Anggota DPR RI Komisi V, Cen Sui Lan melaksanakan reses di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri). Cen Sui Lan yang merupakan anggota DPR RI Dapil Kepri melaksanakan pertemuan bersama Kemenag Bintan dan pimpinan pondok pesantren se-Kabupaten Bintan.

Pada kegiatan yang digelar Minggu (23/7/2023) tersebut turut hadir Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Kepala Kemenag Bintan, Kabag UAKPA STAIN SAR Kepri, Kabid Pakis Kanwil Kemenag Kepri, Ketua FKPP Bintan, pejabat pengawas di lingkungan Kemenag Bintan, sejumlah Kepala KUA di Bintan, dan pimpinan pondok pesantren.

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin, mengatakan bahwa Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Bintan merupakan FKPP yang paling aktif melakukan pertemuan rutin dan melaksanakan program. Kabupaten Bintan merupakan daerah dengan pertumbuhan pondok pesantren yang terbilang pesat.

“Saat ini terdapat 16 pondok pesantren berizin di Bintan. Kabupaten Bintan merupakan wilayah perbatasan sekaligus sebagai daerah pariwisata internasional sehingga memiliki tantangan yang berbeda,” ujar Erman.

Baca juga: Kantor Pos Tanjungbatu Kundur Dibobol Maling, Uang Senilai Rp 350 Ribu Raib

Dengan pertumbuhan pesantren di Bintan yang cukup signifikan, dia berharap pesantren menjadi wajah Indonesia bagi dunia internasional. Dengan pertumbuhan pesantren yang pesat, Erman juga berharap pesantren menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi keummatan.

“Kami menyambut baik pertemuan ini. Terima kasih atas kunjungan anggota Komisi V DPR RI Ibu Cen Sui Lan untuk mendorong wajah pesantren di Bintan sebagai beranda depan Indonesia,” ujar Erman lagi.

Sementara itu, Cen Sui Lan dalam sambutannya menyebut bahwa tujuan dilaksanakannya reses merupakan amanah undang-undang tentang kedudukan DPR.

“Tentu saja kegiatan ini ditujukan untuk menjalin silaturahmi dan menyerap aspirasi, terutama bagi insan pesantren di Kepri. Setelah di Batam melakukan penyerapan aspirasi di kalangan madrasah, maka di Bintan kami menyerap aspirasi dari para pimpinan pondok pesantren,” ucap dia.

Baca juga: Informasi Cuaca Selasa Malam di Anambas: Berawan dan Angin dari Selatan

Cen juga mengatakan perihal pokok yang perlu dilakukan pesantren antara lain dengan mengubah wajah pondok pesantren sebagai garda terdepan dengan dukungan sarpras yang memadai sehingga membuat pesatren semakin tampak menawan.

“Secara simultan kami sudah memfasilitasi pembangunan MCK pondok pesantren dan rumah susun di Kepri. Selain itu kami juga memfasilitasi renovasi ruang kelas terutama untuk madrasah negeri. Kami menyerap seluruh aspirasi, jika aspirasi bukan merupakan tugas dan fungsi Komisi V, maka akan saya sampaikan ke pemerintah pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto dalam arahannya mengatakan, di Kepri banyak afirmasi yang perlu banyak diperjuangkan. Mahbub mengatakan pesantren melalui program kemandirian pesantren telah mendapatkan berbagai stimulus bantuan sebagai komitmen hadirnya negara.

“Negara wajib hadir melalui berbagai program wajar dikdas dan bantuan inkubasi bisnis hebitren. Di Kepri sebagian pesantren peroleh program hebitren. Hebitren dapat diakses secara online oleh pengasuh pondok pesantren,” pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews