Trafik Penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam Meningkat Pesat hingga Juli 2023

Trafik Penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam Meningkat Pesat hingga Juli 2023

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansyah. (Foto: Arjuna/Batamnews)

Batam, Batamnews - Jumlah penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri), meningkat cukup tajam. Terhitung sejak Januari hingga Juli 2023, ada 15.873 penerbangan dengan total penumpang 2.122.496 orang.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, ada sekitar 80 sampai 100 penerbangan per hari di bandara. Lalu untuk penumpang diangka 11.000 sampai 15.000.

"Rata-rata penerbangan sebanyak 84 per hari, paling banyak 104. Rute favorit itu Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya dan Padang. Peningkatan sekitar 20 persen," kata dia, Senin (24/7/2023).

Baca juga: Peremajaan Sawit Rakyat di Riau: BPDPKS, BRK Syariah, dan 5 KUD Mitra Tandatangani PKS 3 Pihak

Selain itu, ada empat rute baru yang direncanakan bakal ada di Bandara Hang Nadim, yakni tujuan Balikpapan, Denpasar, Manado dan Bengkulu. Sementara sejauh ini sudah ada 20 rute domestik yang telah ada.

Dari rute baru itu, ada yang merupakan rute lama yang kembali dijajaki. Dengan begitu, Pikri berharap adanya peningkatan konektivitas Bandara Hang Nadim.

"Rute-rute ini nantinya bakal dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke Batam sehingga bisa mendongkrak sektor pariwisata," ujarnya.

Salah satu rute yang nantinya dapat meningkatkan pariwisata yakni Batam ke Bali. Jika rute ini terealisasi, tambahnya, wisman dari Singapura ke Bali bisa melalui Batam. Tak cuma rute domestik saja, BIB bakal berupaya menambah rute internasional.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews