Profil Panji Gumilang: Pendiri dan Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun

Profil Panji Gumilang: Pendiri dan Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun

Panji Gumilang, Pendiri dan Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun (Foto: Ist)

Gresik, Batamnews.co.id - Panji Gumilang, pendiri sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, adalah sosok yang dihormati dan diakui dalam komunitas pendidikan agama Islam di Indonesia. Pondok Pesantren Al Zaytun dibangun oleh Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) pada tanggal 13 Agustus 1996, yang juga didirikan oleh Panji Gumilang.

Lahir di Desa Sembung Anyar, Kecamatan Dukun, Gresik pada 30 Juli 1946, Panji Gumilang memiliki latar belakang pendidikan yang beragam.

Setelah menyelesaikan pendidikan formal di sekolah rakyat, Panji memasuki Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor pada tahun 1966. Meskipun ia tidak lulus dari Gontor, ini membuka pintu ke dunia pendidikan agama Islam. "Beliau tidak lulus Gontor," kata dosen Unida Gontor, Bambang Setia Utomo.

Baca juga: McDermott International, Ltd Membuka Lowongan Pekerjaan di Batam untuk Beragam Posisi

Panji kemudian melanjutkan pendidikannya di Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah, yang kini dikenal sebagai UIN Syarif Hidayatullah. Dia mengambil jurusan sastra dan kebudayaan Islam di fakultas adab dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan pada tahun 2003.

Baca juga: Panji Gumilang Pimpinan Ponpes Al Zaytun Beli Lahan di Batam: Bakal Bangun Galangan Kapal dan Perkebunan

Selain itu, Panji dianugerahi gelar doktor honoris causa dalam bidang Manajemen Pendidikan dan Sumber Daya Manusia oleh International Management Center Association (IMCA).

Pada peresmian Pondok Pesantren Al Zaytun pada tahun 1999, Presiden BJ Habibie hadir secara langsung, menunjukkan pengakuan dan dukungan tinggi terhadap upaya Panji dalam mendirikan lembaga pendidikan.

Panji, yang bernama lengkap Abdus Salam Rasyidi Panji Gumilang, menikah dengan istrinya, Siti Khatimah Rahayu, yang juga dikenal sebagai Farida Alwidat, pada tahun 1972. Pasangan ini dikaruniai enam anak, empat laki-laki dan dua perempuan.

Dalam postingan Facebook pada Oktober 2020, diketahui bahwa Panji dan Farida merayakan Golden Anniversary mereka pada 6 Oktober 2020. Anak pertama mereka, Imam Prawoto, saat ini menjadi Ketua YPI Foundation dan tampaknya dipersiapkan untuk mengambil alih kepemimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun.

Dua anak Panji dan Farida tinggal di luar negeri, yaitu Ahmad Prawiro Utomo di London dan Ikhwan Triatmo di New Zealand. Sedangkan dua anak perempuan mereka, Siti Khoirunnisa dan Sofia Alwidat, sama-sama memiliki ketertarikan dalam dunia politik dan menjadi anggota DPRD Indramayu. Anak keenam mereka adalah Abdul Hakim.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews