Pengembangan Listrik di Batam: PLTGU Tanjung Uncang Tambah Kapasitas

Pengembangan Listrik di Batam: PLTGU Tanjung Uncang Tambah Kapasitas

Dengan memanfaatkan gas buang dari PLTG Tanjung Uncang menambah peningkatan kapasitas listrik di Batam (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Kota Batam akan mengalami peningkatan pasokan listrik berkat kolaborasi antara PT PLN Batam dan PT Energi Listrik Batam (ELB) untuk meningkatkan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Tanjung Uncang. 

Dengan tambahan daya 2 x 35 Megawatt (MW) Simple Cycle Power Plant (SCPP) dan 39 MW Combine Cycle Power Plant (CCPP), diharapkan Batam dapat memenuhi kebutuhan listrik yang terus meningkat.

Direktur Utama PLN Batam, Muhammad Irwansyah Putra, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/7/2023) menyatakan bahwa proyek ini dilakukan dengan membangun Steam Turbine Generator mulai kuartal III 2023, dan diharapkan dapat rampung dalam 24 bulan. 

Baca juga: Info Pengerjaan Jalan Tol Padang - Sicincin: Pembangunan Kontruksi Belum Sampai 50 %, Target Juli 2024 Beroperasi

Dengan peningkatan kapasitas ini, gas buang dari PLTG Tanjung Uncang akan dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk Steam Turbine Generator berkapasitas 39 MW, dan PLTG Tanjung Uncang akan menjadi PLTGU ELB Tanjung Uncang dengan total kapasitas terkontrak sebesar 109 MW.

Langkah ini sejalan dengan program pemerintah dalam mengurangi emisi karbon dan mendukung upaya mencapai target net zero emission pada tahun 2060. 

Kerjasama ini menjadi strategis untuk menghadapi tantangan penyediaan listrik di Batam, khususnya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan menarik investasi daerah.

Baca juga: McDermott International, Ltd Membuka Lowongan Pekerjaan di Batam untuk Beragam Posisi

Direktur Utama PT Medco Power Indonesia, Eka Satria, sebagai pemegang saham mayoritas PT ELB, menegaskan bahwa kolaborasi ini melibatkan semua pihak yang berperan penting dalam penyediaan listrik di Batam. 

Dia berharap melalui konversi PLTG 70 MW menjadi PLTGU Tanjung Uncang berkapasitas 109 MW, penggunaan bahan bakar gas dapat ditekan dan biaya penyediaan pembangkit dapat diperkecil.

Baca juga: Gubernur Ansar Ahmad Berikan Alat Tangkap Perikanan Kepada Nelayan di Kota Batam

Kerjasama ini juga menunjukkan komitmen PLN Batam dan Medco Power Group dalam mewujudkan konservasi energi serta mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia. 

Peningkatan kapasitas PLTGU Tanjung Uncang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan di Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews