Kelezatan Kuliner Khas Batam: Eksotisme Gonggong yang Wajib Dicicipi

Kelezatan Kuliner Khas Batam: Eksotisme Gonggong yang Wajib Dicicipi

Gong gong adalah kuliner khas Batam. Hidangan seafood ini disajikan dalam bentuk rebusan ditemani sambal (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Saat berkunjung ke Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khasnya, yaitu gonggong. 

Meskipun namanya mungkin terdengar asing, seperti bunyi suara Anjing, tapi yakinlah kuliner satu ini tidak ada hubungan dengan binatang itu. Gonggong merupakan hidangan seafood yang populer di wilayah Kota Batam dan Provinsi Kepulauan Riau.

Gonggong adalah siput laut bercangkang putih kecoklatan yang banyak ditemukan di sepanjang pantai dengan dasar perairan pasir lumpur atau pasir campur lumpur yang ditumbuhi tanaman laut seperti lamun.

Baca juga: Alhamdulillah, Nelayan yang Hilang di Pantai Padang Ditemukan Selamat Tanpa Luka

Siput laut ini cukup mudah ditemui di restoran atau tempat makan yang menyajikan hidangan olahan seafood. Ketika disajikan, gonggong memiliki penampilan seperti kerang rebus dengan sentuhan sambal dan tusuk gigi.

Untuk menikmati hidangan ini, Anda perlu mengeluarkan daging siput dari dalam cangkangnya menggunakan tusuk gigi, lalu mencelupkannya ke sambal yang disediakan. 

Gonggong sendiri disajikan dalam keadaan direbus tanpa bumbu tambahan apapun. Teman sajiannya adalah sambal.

Baca juga: Wali Kota Rudi: Progres Revitalisasi Masjid Agung Batam Menuju Selesai, Target Akhir Tahun 2023

Harga satu porsi gonggong berkisar antara Rp 60 ribu hingga 100 ribu, tergantung dari lokasi tempat Anda menikmatinya. 

Jika ingin membeli gonggong mentah, dapat dibeli di pasar tradisional dengan harga sekitar Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram.

Tak hanya lezat, sebagian orang percaya bahwa gonggong juga memiliki manfaat kesehatan, seperti merangsang pertumbuhan hormon dan meningkatkan vitalitas pria dewasa. Namun, ada candaan bahwa makanan ini tidak disarankan bagi yang belum menikah.

Baca juga: Ustadzah Aisah Dahlan Hadir di Kabupaten Bintan: Tausiyah Berbagi Tips Membina Anak dalam Keluarga

Banyak wisatawan yang sudah pernah mencoba hidangan ini menjadi ketagihan. Makanan seafood ini adalah makanan kesukaan wisatawan dari Singapura dan Malaysia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews